Sukses

Apple Rilis iOS 15.2.1 dan iPadOS 15.2.1, Bawa Sejumlah Perbaikan

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah menggulirkan pembaruan untuk iPhone dan iPad. Pembaruan ini hadir dengan nama iOS 15.2.1 dan iPad 15.2.1.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Jumat (14/1/2022), pembaruan ini hadir dengan perbaikan untuk sejumlah bug. Namun ukuran pembaruan ini terbilang besar mencapai 970MB.

Berdasarkan informasi yang diberikan Apple, pembaruan ini membawa dua perbaikan utama, yakni Pesan yang tidak termuat saat dikirimkan lewat Link iCloud dan aplikasi pihak ketiga CarPlay yang tidak merespons.

Dua masalah tersebut memang sudah sempat dilaporkan ke Apple. Bahkan untuk persoalan yang ada di CarPlay, permasalahan ini sempat ramai dibicarakan di sejumlah forum.

Sementara untuk perbaikan pada fitur pesan, meski sederhana, perbaikan ini jelas meningkatkan kenyamanan pengguna. Untuk itu, bagi pengguna iPad dan iPhone bisa langsung mengunduh pembaruan tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Apple Rilis iOS 15.2 dengan Update Fitur Privasi, Apa Saja?

Sebelumnya, update sistem operasi baru Apple, iOS 15.2 yang memboyong berbagai pembaruan di sektor privasi mulai digulirkan ke iPhone. Sebelumnya, iOS 15.2 digulirkan sebagai versi beta selama beberapa waktu.

Menurut catatan Apple yang diunggah oleh 9to5Mac dan MacRumors, update ini meliputi

- The Digital Legacy Program, yang mengizinkan pengguna mengatur siapa yang akan mendapat akses ke data-data iCloud dan iPhone pengguna, ketika ia meninggal dunia.

- The App Privacy Report, yang memperlihatkan izin yang digunakan berbagai aplikasi pengguna dan situs web yang terhubung dengannya.

- Apple USD 4,99 Voice-only plan untuk Apple Music

- Perbaikan untuk mode makro di kamera iPhone 13 Pro.

Megutip The Verge, Selasa (14/12/2021), update iOS 15.2 juga akan membawa sejumlah fitur keamanan dalam berkomunikasi milik Apple.

Salah satu fiturnya adalah Apple mengaburkan iMessages yang dikirim ke anak-anak yang tag pemindaian di perangkatnya berpotensi pesan eksplisit.

Fitur ini merupakan bagian dari rangkaian perubahan kontroversial Apple yang dimaksudkan untuk memerangi materi pelecehan seksual pada anak. Jadi, Apple melibatkan pemindaian foto di perangkat yang diunggah ke iCloud.

Selanjutnya, Apple juga akan menginformasikan ke orang tua jika anak-anak mereka melihat gambar yang ditandai sebagai tidak pantas.

3 dari 4 halaman

Fitur Keamanan untuk Anak-Anak dalam iMessages

Kendati demikian, Apple menunda fitur pemindaian pustaka foto dan membuat agar anak-anak bisa memilih apakah mereka akan memberi tahu orang tua jika menerima gambar yang dinilai tidak pantas.

iOS 15.2 juga akan membawa perubahan pada Safari dan Siri yang akan mengarahkan pengguna ke sumber daya, jika mereka mencari topik yang terkait dengan materi pelecehan anak.

Update iOS 15.2 juga mencakup fitur riwayat servis dan komponen mana dari iPhone yang sudah diganti dan menggunakan komponen resmi dari Apple.

Apple mengatakan, iPhone XR, XS, dan SE generasi kedua akan memperlihatkan jika baterai telah diganti. Selain itu iPhone 11 juga akan memperlihatkan apakah layar telah diganti.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara