Sukses

Instagram Gulirkan Tampilan Scroll Story Vertikal untuk Segelintir Pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Pada Februari 2021, Instagram mengkonfirmasi pihaknya tengah membuat desain prototipe Instagram Story baru dengan pengguliran (scrolling) vertikal, mirip dengan milik TikTok.

Seperti diketahui, saat ini tampilan scrolling Instagram Story digeser ke kanan dan kiri. Ke kanan untuk melihat story selanjutnya dan kiri untuk kembali ke unggahan story sebelumnya.

Kini, jejaring sosial milik Meta ini menguji coba desain baru Instagram Story tersebut untuk segelintir pengguna Instagram.

Mengutip 9to5Mac, Jumat (14/1/2022), berdasarkan keterangan seorang konsultan media sosial Matt Navarra, sejumlah pengguna berlokasi di Turki telah mendapatkan update Instagram yang membawa tampilan gulir Instagram Story vertikal.

Berdasarkan tampilan yang terlihat, Story dari sejumlah pengguna masih bisa diketuk ke kanan atau ke kiri layar. Sementara untuk beralih ke Story milik pengguna lainnya bisa dilakukan dengan geser ke bawah.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Digulirkan untuk Pengguna di Brasil

Jurnalis teknologi Thassius Veloso sudah kebagian update ini di Brasil. Hal ini memperlihatkan bahwa Instagram telah meluncurkan desain gulir vertikal ke lebih banyak negara.

Perubahan tersebut dinilai menjadi upaya untuk bersaing dengan TikTok yang sudah menawarkan opsi gulir vertikal di aplikasinya. Instagram pun membuat Stories jadi lebih fokus pada video daripada konten statis.

Sebelumnya di bulan Desember 2021, Instagram juga menguji peningkatan batas waktu maksimum untuk video Stories, dari 15 detik menjadi 60 detik.

Meski pengguna sudah bisa mengunggah video hingga 1 menit di Instagram Stories, video tersebut tersegmentasi menjadi empat video yang masing-masing berdurasi 15 detik.

3 dari 4 halaman

Download Video Instagram Story

Lewat Savestory.net, kamu bisa mengunduh Instagram Story milik diri sendiri atau orang lain dan menyimpannya, entah itu Instagram Story berbentuk foto atau video Instagram Story.

Berikut Tekno Liputan6.com bagikan cara men-download video Instagram Story tanpa perlu aplikasi pihak ketiga.

1. Buka peramban web, misalnya Google Chrome, kemudian buka laman Storysaver.net

2. Pada laman Storysaver.net kamu akan melihat tulisan Download Instagram Stories, di bawahnya ada kolom tempat kamu bisa menaruh akun Instagram yang ingin kamu unduh Insta Story-nya.

3. Ketikkan akun Instagram yang dimaksud, misalnya @liputan6, lalu klik tombol Download yang tersedia.

4. Kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi chaptcha dengan mengklik kotak dengan keterangan I'm not a Robot. Klik kotak tersebut

5. Setelah muncul tanda ceklis biru, kamu bisa melihat daftar Instagram Story yang diunggah akun (dalam hal ini @liputan6). Pilih Story dan kemudian klik "Save as Video" untuk mengunduh Instagram Story yang berbentuk Video atau "Save as Photo" untuk mengunduh Instagram Story berbentuk foto.

6. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke web untuk mengunduh video Instagram Story yang dimaksud, pilih ikon titik tiga, lalu pilih Download.

7. Instagram Story tersebut pun akan langsung diunduh.

Untuk mengunduh Instagram Story orang lain menggunakan cara ini, syaratnya adalah akun Instagram tersebut tidak dikunci atau diatur untuk publik.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial