Sukses

Telkomsel Perkenalkan 5G di Peluncuran Pusat Industri Digital Indonesia 4.0

Telkomsel memperkenalkan 5G untuk industri pada acara peluncuran Pusat Industri Digital Indonesia 4.0.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel berkolaborasi dengan Kemenperin dalam pengembangan SDM berbasis industri dan teknologi. Salah satu hal yang dilakukan adalah penandatanganan MoU dan peluncuran Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0) yang diprakarsai oleh Kemenperin.

Dalam kesempatan ini, Telkomsel menghadirkan 5G Experience Center dan beragam solusi teknologi telekomunikasi digital terdepan yang telah dihadirkan oleh Telkomsel Enterprise dan Telkomsel IoT dengan dukungan jaringan 5G untuk mendukung roadmap Making Indonesia 4.0 sebagai program prioritas nasional.

Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan, Telkomsel berupaya konsisten mengakselerasi transformasi digital di berbagai aspek.

“Sebagai bagian dari perusahaan BUMN TelkomGroup yang konsisten mengakselerasi transformasi digital bangsa di segala aspek kehidupan, Telkomsel turut mendukung hadirnya PIDI 4.0 yang dibangun oleh Kemenperin RI sebagai upaya mendorong perkembangan seluruh industri di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi tepat guna," kata Dharma, Rabu (8/12/2021).

Melalui ragam showcase, Telkomsel berharap dapat membuka peluang lebih luas bagi berbagai sektor industri nasional dapat menemukan solusi teknologi terdepan yang dibutuhkan dalam menghadirkan efisiensi dan peningkatan produktivitas perusahaan.

Telkomsel juga berupaya mendukung visi PIDI 4.0 untuk menjadi jendela Indonesia 4.0 bagi dunia serta menjadi wujud dukungan Telkomsel kepada pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai salah satu unsur perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030 melalui percepatan transformasi Industri 4.0.

Selain mendukung peluncuran PIDI 4.0, kehadiran 5G Experience Center dipersiapkan untuk menunjukkan kapabilitas ekosistem teknologi digital yang dimiliki Indonesia kepada delegasi Sherpa G20 yang berkunjung ke PIDI 4.0 pada Rabu (8/12/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampilkan Berbagai Solusi Industri Berbasis 5G

Melalui 5G Experience Center, Telkomsel akan menghadirkan beragam solusi digital yang meliputi Virtual Reality untuk kebutuhan tur pabrik virtual, pelatihan digital, dan sparepart identification. Sementara, Augmented Reality untuk kebutuhan maintenance dan quality, SOP Digital, parameter data dan dokumen secara real-time.

Lalu, solusi Digital Remote Assistance untuk kebutuhan bantuan ahli jarak jauh secara real-time dengan menggunakan smart glasses. Kemudian ada pula Robot Otonom (Smart AGV) untuk kebutuhan simulasi penanganan proses material secara rutin di production shop floor.

Robot Patrol untuk menjaga keamanan atau mengawasi lingkungan sekitar tanpa adanya operator secara langsung, yang memungkinkan penghematan manpower secara efisien.

Selain itu juga IoT CyberSecurity & Smart Lock untuk solusi keamanan siber bagi perangkat dan jaringan IoT. Kemudian, IoT Mobility & Supply Chain untuk kebutuhan Fleet Management, Fleetsense driver behavior and fatigue analytical system, dan Control Tower and Order Management System.

3 dari 4 halaman

Layanan InTank

Kemudian ada juga layanan InTank sebagai solusi pemantauan tangki penyimpanan untuk CPO bahan bakar atau cairan apa pun, ekosistem Telkomsel IoT Smart Manufacturing sebagai One Stop Solution End-to-End Supply Chain yang di dalamnya mencakup overall equipment efficiency (OEE), quality control using computer vision, manufacturing execution system (MES), dan energy management.

Akan ditunjukkan pula Industrial Wearables Tracking sebagai pemantauan kinerja karyawan dan aset Industri untuk memastikan kondisi dan lokasi kinerja terbaik.

5G Experience Center juga akan memperlihatkan ekosistem Telkomsel IoT Smart Connectivity yang meliputi Narrow-Band IoT Connectivity, Control Center, dan SD-WAN. Juga Enterprise Mobility Solution sebagai solusi Enterprise Mobility Telkomsel yang meliputi aplikasi Video Conference Cloud X dan Touch To Talk, dan solusi untuk segmen UKM 99% Usahaku, serta solusi untuk sektor games yang meliputi cloud gaming, games publishing, dan platform DuniaGames.

Pada momen kunjungan delegasi Sherpa G20, diharapkan seluruh showcase Telkomsel tersebut dapat membuka kesempatan lebih luas bagi Indonesia dalam meningkatkan kepercayaan global, khususnya negara-negara yang tergabung dalam G20, untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia di berbagai sektor.

Selain itu juga bisa mendorong daya tarik investasi yang lebih besar sehingga menjadikan Indonesia sebagai pusat investasi di kawasan Asia Tenggara untuk saat ini maupun di masa depan.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.