Sukses

Waspada, Akun Twitter Centang Biru Jadi Target Serangan Phishing

Sejumlah akun Twitter dengan centang biru diketahui telah menjadi target serangan phishing oleh penjahat siber.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu pemilik akun Twitter dengan centang biru atau terverifikasi harus waspada terhadap serangan phishing baru yang dilancarkan penjahat siber.

Adapun akun Twitter terverifikasi ini mengacu pada mereka yang memiliki centang biru di badge mereka.

Biasanya, akun-akun ini termasuk influencer, selebritas, politisi, kantor media, jurnalis, aktivis, serta organisasi pemerintah dan swasta.

Adalah BleepingComputer yang mendapati serangan phishing baru yang menargetkan pengguna dengan akun terverifikasi.

Dikutip dari BleepingComputer, Rabu (8/12/2021), pelaku mengirimkan email phishing yang meminta korbannya untuk segera "update" informasi mereka agar centang biru Twitter-nya tidak hilang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alihkan ke Situs Phishing

Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

Email phishing ini dikirim pelaku bertepatan ketika Twitter secara misterius menghapus status centang biru dari sejumlah akun terkenal.

Bila korban gegabah atau tidak berhati-hati, mereka akan dialihkan ke situs web yang sudah disalahgunakan dan disusupi oleh pelaku kejahatan untuk menghosting laman phishing ini.

3 dari 3 halaman

Bajak Akun Twitter Pengguna

Ilustrasi Twitter  (iStockPhoto)

Saat diklik update, korban akan dibawa ke situs https://www.cleancredit[.]in/wp-content/uploads/2021/12/index.html dan mengarahkan pengguna ke user page di https://dublock[.]com/dublock/twitter/.

Tanpa sepengetahuan, mereka akan memasukan informasi penting Twitter mereka--login dan password--dan akan diminta untuk menyediakan kode two-factor authentication (2FA) yang dikirim ke korban.

Setelah mendapatkan login, password, dan kode 2FA, korban akan dikirim ke homepage Twitter. Terlepas akun Twitter kamu sudah mendapatkan centang biru atau belum, ada baiknya untuk selalu waspada terhadap email phishing atau tidak membuka link aneh dari orang tak dikenal.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini