Sukses

Gamer Forza Horizon 5 Kena Banned 8.000 Tahun karena Pasang Wajah Kim Jong-Un di Livery Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Seorang gamer Forza Horizon 5 kena banned 8.000 tahun (hingga 31 Desember 9999) karena menggunakan livery mobil dengan gambar wajah pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un.

Livery itu menampilkan plesetan logo KFC dengan ilustrasi Kim Jong-Un yang menggantikan Colonel Sanders, disertai dengan tagar 'Send Nukes', logo Pirelli diganti Pyongyang, dan mengganti Nike menjadi Nuke.

Informasi terkait banned itu dibagikan di Sub-Reddit r/Forza oleh pengguna dengan akun AllThingsRacing. Ternyata, livery itu dibuat oleh teman pengguna, dan ini merupakan pelanggaran pertama bagi mereka. Demikian sebagaimana dilansir Coomicbook, Minggu (5/12/2021).

Ia mengklaim larangan tersebut berasal dari tim penegakan di Turn 10 Studios, bukan dari sang pengembang Playground Games. Gambar livery itu juga jadi perbincangan di Twitter, yang mana dibagikan oleh pengguna @gaahogi.

Tidak jelas elemen desain livery mana yang membuat Turn 10 Studios 'marah'. Terpampangnya wajah sang diktator mungkin membuat tim Turn 10 Studios geram.

Salah satu unggahan di Reddit juga menyatakan bahwa pesan 'Nuke' di mobil dapat diartikan sebagai kekerasan. Kehadiran beberapa pelesetan logo perusahaan di samping pesan itu mungkin juga ikut berperan.

Mengingat beratnya larangan, pemain Forza Horizon 5 mungkin harus berhati-hati saat membuat livery dalam game.

Playground Games memang menyediakan pemain banyak tools, salah satunya Livery Editor, untuk membuat livery buatan mereka sendiri. Pemain yang menggunakan game untuk berbagi pesan politik, atau apa pun yang mungkin membuat orang lain tidak nyaman, mungkin akan kena banned.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Forza Horizon 5 Bakal Sertakan Penerjemah Bahasa Isyarat

Game bergenre balap Forza Horizon 5 berencana akan menambahkan penerjemah bahasa isyarat di layar, yang akan muncul selama cutscene, sehingga lebih ramah bagi disabilitas.

Meski tidak dimasukkan dalam peluncurannya pada 9 November 2021, namun pengembang Forza Horizon 5 merencanakan mereka akan hadir lewat pembaruannya.

Dilansir The Verge, Kamis (11/11/2021), Mike Brown, Creative Director, Playground Games menulis dalam unggahan di blog Xbox Wire bahwa fitur ini akan segera hadir, tanpa merinci tanggal rilis pastinya.

"Kami terus mendengarkan komunitas untuk menjadikan Forza Horizon 5 pengalaman inklusif untuk dinikmati semua orang," kata Brown.

Brown mengungkapkan ia dan timnya sedang mengerjakan dukungan American Sign Language (ASL) dan British Sign Language (BSL), untuk adegan sinematik di game tersebut.

"Segera hadir, fitur ini akan menyertakan tampilan gambar dalam gambar dekat bawah layar dari penerjemah ASL/BSL selama sinematik di dalam game," kata Brown.

3 dari 5 halaman

Hadirkan Fitur yang Inklusif

Dalam blog Xbox Wire, Brown pun menyebut bahwa sejak awal dikembangkan, game Forza Horizon 5 memprioritaskan untuk memasukkan fitur aksesibilitas.

Menurut Brown, ia ingin agar semua orang di dunia bisa merasakan permainan yang mereka buat.

"Dengan lebih dari 400 juta pemain penyandang disabilitas di seluruh dunia, sangat penting bagi semua pemain untuk dapat menyesuaikan permainan mereka dengan cara yang paling cocok untuk mereka," katanya.

Di sini pemain bisa mengatur kecepatan bermain, yang memungkinkan mereka bermain dengan kecepatan yang lebih rendah saat bermain secara offline.

Selain itu, pengembang juga memberikan mode High Contrast, sehingga membuat pemain bisa mengubah warna untuk membuat menu dan teks lebih mudah dibedakan.

4 dari 5 halaman

Fitur Bagi Pemain Buta Warna

Mereka juga menyediakan mode Color Blindness bagi pemain buta warna, agar bisa memvisualisasikan elemen game dengan lebih baik.

Untuk subtitle, pemain bisa menghidupkan atau mematikannya, menyesuaikan ukuran font, menyesuaikan background opacity, ukuran font, hingga menyoroti kata kunci.

Game ini juga menyertakan narator pembaca layar yang membacakan teks, tombol, dan elemen lain dengan lantang, dan opsi text-to-speech dan speect-to-text untuk pemain yang ingin berpartisipasi dalam Voice Chat.

Pemain juga bisa menonaktifkan latar belakang yang bergerak, serta mampu mengatur durasi notifikasi yang memungkinkan pemain untuk mengatur berapa lama notifikasi dalam game muncul.

Forza Horizon 5 sendiri dirilis pada 9 November di Xbox Series X/S, Xbox One, dan PC.

5 dari 5 halaman

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan