Sukses

PUBG Mobile Raih Pemasukan Total Rp 100,3 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PUBG Mobile dari Tencent telah melampaui USD 7 miliar atau sekitar Rp 100,3 Triliun dalam hal pemasukan total seumur hidup yang berasal dari belanja pemain di seluruh dunia di App Store dan Google Play.

Demikian menurut laporan Sensor Tower Store Intelligence yang dikutip pada Rabu (1/12/2021).

Sejauh tahun 2021 saja, PUBG Mobile dikombinasikan dengan pemasukan pemain Game for Peace--PUBG Mobile versi Tiongkok--telah meraup pemasukan USD 2,6 miliar atau sekitar Rp 37,3 miliar. Angka itu membuat PUBG menjadi mobile game terlaris kedua di dunia.

Secara konsisten, gim bergenre battle royale itu mengumpulkan lebih dari USD 700 juta untuk setiap kuartal pada 2021 dan mencapai rekor USD 771 juta pada kuartal ketiga 2021.

Dengan demikian, PUBG Mobile telah menghasilkan rata-rata USD 8,1 juta per hari pada tahun 2021.

App Store berkontribusi terbesar atas pemasukan dari belanja pemain secara global dengan mengumpulkan 81 persen.

Google Play, sementara itu, menyumbang 19 persen. Di luar China, App Store menyumbang 56,6 persen dari pengeluaran, sementara Google Play mewakili 43,4 persen.

2 dari 4 halaman

Gundala Jadi Karakter In-Game di PUBG Mobile

Diwartakan sebelumnya, PUBG Mobile berkolaborasi dengan Bumilangit Entertainment, perusahaan berbasis karakter IP superhero terbesar di Indonesia. Kolaborasi pertama PUBG Mobile dengan industri kreatif tanah air melalui PUBG Mobile x Gundala.

Kolaborasi PUBG Mobile X Gundala akan dimulai pada 3 Desember 2021 serentak di dalam gim. Gundala menjadi superhero Asia Tenggara pertama yang ada di in-game PUBG Mobile.

Mengusung tema Pahlawan Tanah Air, kolaborasi PUBG Mobile dan Bumilangit Entertainment ini hadir untuk memeriahkan semangat kampanye Indo Pride.

Country Manager PUBG Mobile Indonesia, Jenny Zhuang, mengatakan kolaborasi jadi salah satu cara membuat PUBG Mobile selalu diminati oleh fans dan komunitas di Indonesia.

"Kami yakin, berkolaborasi dengan perusahaan IP karakter superhero terbesar di Indonesia seperti Gundala adalah salah satu langkah tepat, karena kami juga dapat menunjang kultur lokal di ranah internasional," kata Jenny, dikutip dari keterangan resmi PUBG Mobile, Minggu (21/11/2021).

Lebih lanjut, Jenny juga mengatakan, kehadiran Gundala di PUBG Mobile juga merupakan bentuk dukungan terhadap kreativitas lokal. Ia menyebut, kolaborasi ini memperlihatkan bahwa PUBG Mobile selalu membuka peluang untuk berkolaborasi dengan industri lainnya.

3 dari 4 halaman

Superhero Pertama di Asia Tenggara di PUBG Mobile

CEO dan Founder Bumilangit Entertainment Bismarka Kurniawan mengatakan, Gundala menjadi karakter superhero pertama di Asia Tenggara yang hadir di PUBG Mobile.

"Kolaborasi ini kami harapkan dapat menjadi sebuah jalan baru bagi kami para pelaku industri kreatif nasional untuk tetap semangat dalam berkarya karena karakter nasional juga bisa berkompetisi di dunia internasional," tuturnya.

Sebelumnya, PUBG Mobile melakukan berbagai hal untuk memanjakan komunitas dan fansnya. Mulai dari penyelenggaraan PUBG Mobile Jawara Community, kolaborasi dengan Alan Walkeer, kolaborasi dengan animasi Netflix 'Arcane League of Legends', hingga penunjukkan komika Bintang Emon sebagai brand ambassador.

4 dari 4 halaman

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan