Sukses

Pakai Chipset M1, Performa Headset AR Apple Setara dengan Perangkat Mac

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan sedang mengembangkan sebuah headset Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), dengan rencana peluncuran pada 2022.

Kini, Ming-Chi Kuo, analis terkenal Apple mengungkap sejumlah detail penting tentang headset AR Apple di dalam catatan investornya yang ditemukan oleh MacRumors.

Dilansir Gizchina, Minggu (28/11/2021), headset pertama Apple itu akan dilengkapi dengan sepasang prosesor berkemampuan high end, yakni chipset M1.

Kuo menyatakan, prosesor high end di headset AR Apple itu akan memiliki performa setera dengan chipset Apple M1 yang diumumkan tahun lalu untuk seri Mac.

Selain itu, headset Apple ini juga akan dilengkapi dengan prosesor kelas bawah yang berfungsi untuk menangani sejumlah fitur terkait sensor.

Walau masih belum dipastikan, Apple akan menjual headset ini dikisaran harga USD 3.000 atau sekitar Rp 43 jutaan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Berfungsi Secara Independen

Spesifikasi iPhone 13 dan iPhone 13 Mini. (Doc: Apple)

Berbeda dari headset AR dan VR lainnya, perangkat milik Apple ini dapat beroperasi secara independen alias tidak bergantung dengan PC atau laptop tertentu.

Dengan ini, pengguna tidak perlu bergantung pada iPhone atau Mac untuk menggunakan gadget.

Apple dilaporkan sedang memastikan headset barunya itu dapat mendukung berbagai aplikasi komprehensif, dan akan menggantikan iPhone dalam waktu sepuluh tahun.

 

3 dari 3 halaman

Dukung Pengalaman VR

Apple Inc.

Headset baru Apple ini juga akan mendukung pengalaman virtual reality (VR), berkat dua layar OLED mikro 4K dari Sony.

Sebelumnya, Mark Gurman, dari Bloomberg mengklaim headset Apple ini menargetkan pasar mixed reality (pengalaman realitas campuran).

Dengan kemampuan M1, Apple tampaknya dapat mewujudkan pengalaman mixed reality tersebut saat perangkat ini diluncurkan.

Rincian lain tentang handset ini termasuk ikat kepala yang dapat ditukar, fitur pelacakan mata canggih, sensor kamera, dan banyak lagi.

(Ysl/Tin)