Sukses

Fakta Unik Tentang Password Paling Umum Dipakai Orang

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan keamanan NordPass mengumumkan hasil temuan kata sandi paling umum dipakai oleh pengguna internet di 50 negara, termasuk Indonesia pada 2020.

Rupanya, kata sandi paling banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia meliputi kombinasi angka 12345 hingga 1234567890. Tidak jarang pula yang memakai kata sandi 000000 hingga qwerty.

Berikut adalah fakta-fakta unik dari hasil temuan NordPass mengenai kata sandi di 2020:

1. Negara-Negara Paling Banyak Dibobol

Hasil temuan NordPass mengungkap sejumlah negara yang paling sering terdampak kebocoran data. Melalui peta, tercatat Amerika Serikat, Kanada, Irlandia, Prancis, Italia, German, Republik Ceko, Hungaria, Polandia, Denmark, Rusia, Uni Emirat Arab, dan Australia sebagai negara-negara dengan risiko kebocoran password tertinggi.

Uniknya laporan ini juga mengungkap, Indonesia termasuk negara dengan tingkat kebocoran password rendah dibandingkan negara-negara maju.

2. Cuma Butuh Waktu Kurang dari 1 Detik untuk Bobol Password Mudah

Pengguna internet sebaiknya jangan gunakan password yang mudah dan gampang ditebak.

Pasalnya menurut laporan NordPass, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 1 detik untuk membobol password seperti 123456, 123456789, 12345, qwerty, password, 12345678, 111111, 123123, 1234567890, sunshine, computer, shadow, samsung, killer, superman, master, azerty, charlie, soccer, pokemon, jordan, dan lain-lain.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

3. Ada Banyak Orang Pake Nama Sendiri untuk Password

Pengguna internet sebaiknya juga tidak menggunakan nama sendiri untuk kata sandi. Berdasarkan survei NordPass, banyak orang merasa sangat senang menggunakan nama sendiri sebagai password.

Hal ini cukup berbahaya karena akan sangat mudah ditebak.

4. Banyak Pengguna Pakai Onedirection Sebagai Password

Penggemar One Direction sebaiknya tidak menggunakan nama boyband favoritnya ini sebagai kata sandi. Menurut survei NordPass, Onedirection jadi salah satu password paling banyak dipakai oleh pengguna di berbagai negara pada 2020.

Tahun-tahun sebelumnya, Onedirection juga sempat dipakai massal di kalangan pengguna.

3 dari 6 halaman

5. Liverpool Buat Kata Sandi

Seperti Onedirection, para penggemar klub sepakbola Liverpool tampaknya kerap memakai Liverpool sebagai password layanan digitalnya.

Saking banyaknya orang yang memakai password Liverpool, NordPass menyebut Liverpool sebagai tim sepakbola terpopuler di dunia.

6. Ferrari dan Porsche

Pengguna juga senang menggunakan Ferrari dan Porsche sebagai kata sandi. Di antara berbagai merek kendaraan, Ferrari dan Porsche adalah merek paling sering dipakai sebagai password.

4 dari 6 halaman

7. Pakai Kata Makian Sebagai Password

Kalau kamu berpikir hanya kamu yang menggunakan kata makian atau kata kotor sebagai password, kamu salah besar.

Survei NordPass mengungkap, pengguna internet kerap kali menggunakan kata makian atau kata kotor sebagai password.

Riset menunjukkan, laki-laki lebih sering menggunakan kata-kata makian dan kata kotor sebagai password ketimbang perempuan.

8. Hewan Paling Banyak Jadi Password

Kalau ada satu hewan yang paling sering jadi password adalah dolphin (lumba-lumba). NordPass mengungkap, para pengguna di banyak negara menggunakan kata dolphin sebagai password.

 

5 dari 6 halaman

9. iloveyou

Tahukah kamu, ada banyak sekali pengguna yang menggunakan kata iloveyou sebagai password, entah apa alasannya.

Namun berdasarkan survei NordPass di Amerika Serikat, penggunaan iloveyou sebagai password didominasi oleh kaum perempuan dengan jumlah 222.287 kali penggunaan, sementara di kalangan laki-laki, kata iloveyou dipakai sebanyak 96.785 kali.

10. Nama Band Sering Jadi Password

Apa kamu tahu, nama band-band terkemuka seringkali dipakai sebagai kata sandi oleh pengguna internet. Berdasarkan survei yang sama, di kalangan laki-laki, penggunaan kata Metallica sebagai password mengungguli kata Slipknot.

Metallica dipakai oleh 88.543 orang dan Slipknot digunakan sebagai password oleh 75.204 orang.

(Tin/Ysl)

 

6 dari 6 halaman

Infografis Tentang Kebocoran Data