Sukses

Sinyal iPad Bantu Penyelamat Temukan Ayah dan Anak Korban Kecelakaan Pesawat

Berkat sinyal iPad, regu penyelamat berhasil menemukan lokasi ayah dan anak yang jadi korban kecelakaan pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Investigator di Pennsylvania, AS, memanfaatkan sinyal dari iPad untuk menemukan lokasi ayah dan anak yang jadi korban kecelakaan pesawat.

Dilaporan oleh CNN, investigator menggunakan sinyal yang berasal dari iPad anak perempuan tersebut, setelah pesawat yang ditumpanginya hilang dari radar, tak lama setelah tinggal landas.

Sebagaimana dikutip dari 9to5Mac, Kamis (18/11/2021), pesawat yang kecelakaan rupanya adalah Cessna 150 mesin tunggal berukuran kecil.

Pesawat ini lepas landas dari bandar udara internasional Wilkes-Barre Scranton di Pittston Township, Pennsylvania pada Minggu dan hilang dari radar beberapa menit setelah mengudara.

Sang pilot dan anak perempuannya jadi satu-satunya penumpang pesawat tersebut.

Setelah pesawat hilang dari radar, investigator memulai pencarian umum mengandalkan lokasi terakhir pesawat yang diketahui. Namun, proses ini tidak membuahkan hasil apa pun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Gagal Temukan Lokasi Korban

"Setelah melakukan ping ke lokasi terakhir pesawat, tim penyelamat dan sekitar 30 orang lainnya mulai melakukan pencarian di hutan. Mereka berhati-hati agar tidak berpencar terlalu jauh karena kondisi malam hari, dingin dan bersalju, namun pencarian selalu gagal," demikian menurut Chief James Serafin pemimpin penyelamatan dan tim relawan the Bear Creek Volunteer Hose Company.

Selanjutnya, ketika kru penyelamat mengidentifikasi pilot, mereka menghubungi istri yang telah menghubungi suami dan putrinya di tempat tujuan.

Serafin mengatakan, ia mendapatkan nomor telepon pilot tersebut dari sang istri.

3 dari 4 halaman

Ping ke Lokasi iPad

"Tim penyelamat dapat melakukan ping ke ponsel dan mereka menemukan sang putri yang memiliki iPad. Dengan model iPad tertentu, Anda dapat melakukan ping sinyal ke sana, setelah kami mendapatkan koordinat di situlah kami menemukan mereka," kata Serafin.

Dengan melakukan ping ke lokasi iPad, penyelamat menemukan sang pilot dan putrinya dalam kondisi 'pra hipotermik' dengan luka ringan.

Serafin mengatakan, kondisi keduanya yang selamat dengan hanya luka ringan merupakan keajaiban.

Saat ini kecelakaan tengah diselidiki oleh Administrasi Penerbangan Federal (FAA) AS. Belum diketahui rincian lebih lanjut mengenai kecelakaan ini.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Apple

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.