Sukses

SYNRGY Accelerator Batch 4 Rampung, 40 Startup Terpilih Gelar Virtual Demo Day

Program SYNRGY Accelerator Batch 4 yang diselenggarakan BCA akhirnya selesai dan ditutup dengan gelaran virtual demo day.

Liputan6.com, Jakarta - Program SYNRGY Accelerator Batch 4 yang diselenggarakan BCA akhirnya selesai. Akhir program ini ditandai dengan digelarnya acara Virtual Demo Day yang disaksikan oleh lebih dari 900 partisipan.

Dalam Virtual Demo Day tersebut, ada 40 startup yang terpilih. Mereka telah mengikuti intensif program selama 3 bulan yang diisi dengan mentoring, workshop, community event, serta sesi networking antara startup dan korporasi, termasuk sharing dari para ahli.

"Dengan melihat antusiasme serta semangat juang yang dimiliki para anak bangsa dalam memberikan solusi berbasis teknologi untuk memecahkan berbagai permasalahan yang dialami masyarakat, memotivasi BCA menyelenggarakan program ini agar peserta tidak hanya dapat mengepakkan sayapnya di kancah nasional tapi juga internasional," tutur Senior VP Digital Innovation Solution BCA, Adi Prasetyo, dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (15/11/2021).

Dalam batch 4 kali ini, BCA bersama KUMPUL sebagai mitra, lebih menjangkau startup di berbagai kota tier-2 dan tier-3 dari berbagai penjuru Indonesia, serta membina startup dengan berbagai latar belakang bidang yang bervariasi.

Secara garis besar, startup yang bergabung dalam SYNRGY Accelerator Batch 4 ini tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali. Adapun mayoritas berasal dari kota Jakarta, Yogyakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, dan Batam.

"Dari 40 startup terpilih, hampir sepertiganya berasal dari vertikal edutech, diikuti oleh SaaS (Software as Service), healtech, marketplace, tourism, AI & IoT, HR, sustainability, serta fintech & fintech enabler," tutur VP of Ecosystem KUMPUL, Amalia Ainimur.

Nantinya, tidak hanya mendapatkan pembekalan wawasan dan keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan, BCA tetap akan merangkul dan membina para startup yang lulus dari program ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BCA Luncurkan SYNRGY Accelerator Batch 4

BCA resmi membuka pendaftaran program SYNRGY Accelerator Batch 4 pada Juni 2021. Ini menjadi kali keempat BCA mengadakannya setelah tiga batch sebelumnya sukses digelar dan meluluskan total 28 startup nasional di berbagai bidang.

Untuk diketahui BCA SYNRGY Accelerator merupakan wadah kolaborasi dan akselerator bagi komunitas startup di Indonesia. Program ini hadir untuk mendorong pertumbuhan dan inovasi dunia digital sekaligus sejalan dengan program pemerintah.

Dalam gelaran kali ini, BCA menggandeng KUMPUL sebagai strategic partner. KUMPUL sendiri diketahui telah bekerja sama dengan lebih dari 70 hub dan komunitas kewirausahaan, termasuk startup di 34 kota.

"Tujuan program ini membantu startup mengembangkan bisnis mereka secara lebih baik dan cepat. BCA senantiasa mendukung dan merangkul para startup bersama-sama maju berkembang mendukung perekonomian digital Indonesia,” tutur SVP Digital Innovation Solutions BCA , Adi Prasetyo, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (7/6/2021).

Lebih lanjut Adi menuturkan, program ini memberikan kesempatan pada para startup untuk mendapatkan pembekalan lewat berbagai program terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

3 dari 3 halaman

Beda dari Batch Sebelumnya

Berbeda dari batch sebelumnya, BCA SYNRGY kali ini membuka kesempatan bagi seluruh startup di Indonesia yang sudah memiliki produk jadi, termasuk mempunyai tractions/evenue bergabung. Sebelumnya, program ini hanya berfokus pada startup di Jakarta dan sekitarnya.

Oleh sebab itu, dalam batch ini, SYNRGY Accelerator ingin menjangkau startup potensial yang lebih luas di seluruh Indonesia. Nantinya, startup terpilih akan diberikan pembekalan lewat sesi one-on-one mentoring, workshop dan sharing dari para ahli, termasuk community event dan sesi networking.

VP of Ecosystem KUMPUL, Amalia Aininnur yang ikut hadir secara virtual dalam kick off BCA SYNRGY Accelerator mengatakan pihaknya melihat potensi besar dari program ini dan mampu menghasilkan lulusan startup yang mampu memberikan dampak positif.

"Hadirnya program ini juga turut menjadi angin segar bagi komunitas startup digital di seluruh Indonesia, dan dengan pengalaman KUMPUL, kami akan turut menyukseskan program kali ini," tuturnya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.