Sukses

Fitur Privasi Baru Apple Hadir di iOS 15.2 Beta, Seperti Apa?

iOS 15.2 beta tampaknya akan kehadiran fitur privasi baru, fitur ini bernama App Privacy Report. Tujuannya adalah memberi pengguna gambaran umum tentang informasi apa saja yang diakses oleh aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengumumkan fitur App Privacy Report pada konferensi pengembang WWDC 2021. Kini, fitur privasi baru tersebut akan dirilis di iOS 15.2 versi beta, demikian menurut MacRumors.

Mengutip laman pengembang Apple, selain di iOS 15.2 beta, fitur Rekam Aktivitas Aplikasi ini juga bisa ditemukan di iPadOS 15.2 beta.

Berdasarkan laporan The Verge, Jumat (29/10/2021), fitur privasi ini akan memberi pengguna gambaran umum tentang informasi apa saja yang diakses oleh aplikasi dan apa saja informasi yang dibagikan ke aplikasi/ layanan pihak ketiga.

Aktivitas yang dimaksud misalnya ringkasan sensor, akses internet, dan data. Aktivitas ini dapat diekspor dalam format JSON dengan mengetuk Save App Activity.

Pada iOS 15.2 dan iPadOS 15.2 beta, aktivitas ini akan disajikan dalam UI baru bernama App Privacy Report.

Untuk melihat aktivitas aplikasi di perangkat iPhone atau iPad kamu, kamu bisa menginstal update iOS 15.2 beta. Selanjutnya buka Pengaturan > Privasi > Laporan Privasi Aplikasi (App Privacy Report) > Aktifkan App Privacy Report.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mungkin ada Penolakan dari Pengembang

Aktivitas pun akan ditampilkan setelah kamu menggunakan aplikasi-aplikasi di iPhone atau iPad.

Beberapa inisiatif privasi Apple lainnya mungkin tidak cocok dengan semua pengembang. Sebelumnya, butuh waktu dua bulan bagi Google untuk mengadopsi label privasi App Store iOS.

Sementara, Facebook dan Snap menyalahkan adanya fitur Transparansi Pelacakan Iklan iPhone yang memungkinkan pengguna memilih keluar dari pelacakan iklan tertentu dengan mudah.

Dengan kehadiran fitur privasi baru ini, kemungkinan bakal ada lebih banyak keluhan dari pengembang jika fitur App Privacy Report digulirkan ke pengguna.

3 dari 4 halaman

Belum Dipastikan Kehadirkannya di Versi Final iOS 15.2

Meski dijadwalkan hadir di iOS 15.2 beta, belum pasti Apple bakal merilis fitur App Privacy Report ke versi final iOS 15.2.

Sebagai gambaran, sebelumnya Apple juga menghadirkan fitur SharePlay ke versi final iOS 15.1. Sebelumnya fitur ini tidak ada di iOS 15.1 beta.

Oleh karenanya, ada kemungkinan fitur App Privacy Report tetap tersemat di iOS 15.2 versi final.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang iPhone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.