Sukses

Alibaba Cloud Rilis Chip dengan Arsitektur 5nm untuk Server

Alibaba Cloud merilis chip server Yitian 710 yang dirancang oleh unit bisnis pengembangan chip Alibaba Group, T-Head.

Liputan6.com, Jakarta - Alibaba Cloud merilis chip server Yitian 710 yang dirancang oleh unit bisnis pengembangan chip Alibaba Group, T-Head.

Chip itu sekaligus menjadi otak dari layanan server berbasis komputasi awan terbaru mereka.

"Penyesuaian chip server kami merupakan sebuah upaya berkelanjutan yang secara konsisten kami lakukan untuk meningkatkan kapabiltas komputasi," ujar Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence dan Head of Alibaba DAMO Academy pada APSARA Conference belum lama ini.

Langkah itu, kata Zhang, diharapkan dapat meningkatkan performa komputasi dan meningkatkan efisiensi energi.

Rencananya chip itu akan dipakai untuk mendukung unit-unit bisnis di seluruh ekosistem Alibaba Group. Namun, perusahaan juga akan menawarkan klien mereka layanan komputasi generasi selanjutnya yang didukung oleh server baru bertenaga chip dalam waktu dekat.

"Bersama dengan mitra global kami, seperti Intel, Nvidia, AMD dan Arm, kami akan terus menginovasi infrastruktur komputasi kami dan menawarkan beragam layanan komputasi kepada para pelanggan global kami," tutur Zhang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arsitektur

Yitian 710 dirancang pada arsitektur 5nm dan ditenagai oleh 128 Arm core dengan clock speed 3.2GHz. Spesifikasi ini diharapakn dapat menghasilkan performa dan efisiensi energi lebih baik. Setiap chip prosesor memiliki 60 miliar transistor terintegrasi.

Selain itu, Yitian 710 menjadi server prosesor pertama yang kompatibel dengan arsitektur Armv9 terbaru. Ini mencakup 8 saluran DDR5 dan 96-lane PCIe 5.0 untuk menyediakan memori tinggi dan bandwidth I/O.

Di SPECint2017, sebuah tolok ukur standar untuk mengukur kekuatan pemrosesan integer CPU, Yitian 710 mendapat skor 440.

3 dari 4 halaman

Cloud-Native

Panjiu pada dasarnya dikembangkan untuk infrastruktur cloud-native generasi selanjutnya.

Dengan memisahkan komputasi dari penyimpanan (storage), server dioptimalkan untuk komputasi AI dengan tujuan umum (general-purpose) dan juga tujuan khusus.

Melalui pendekatan desain modular untuk penggunaan pusat data berskala besar, server ini diharapkan dapat memberikan nilai ekonomis luar biasa untuk beban kerja cloud-native yang beragam, seperti dalam implementasi kontainer dan komputasi beban kerja yang dioptimalkan.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini