Sukses

25 Mahasiswa dan Alumni Wakili UI di Apple Developer Academy 2022

Sebanyak 25 mahasiswa dan alumni mewakili UI dalam Apple Developer Academy 2020. Menurut UI, jumlah tersebut adalah yang terbesar di antara perguruan tinggi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - 25 peserta yang membawa nama Universitas Indonesia (UI), berhasil lolos seleksi dan diterima menjadi peserta Apple Developer Academy 2022. Ke-25 orang tersebut terdiri dari 22 mahasiswa dan tiga alumni.

Apple Developer Academy 2022 akan berlangsung mulai Februari hingga Desember 2022. Akademi ini berfokus pada keterampilan coding, desain, dan keterampilan profesional.

Akademi ini merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

"Jumlah yang diterima tersebut di antara 200 peserta Apple Developer Academy 2022, merupakan yang terbesar dari satu perguruan tinggi selama program tersebut berlangsung," kata Amelita Lusia, Kepala Biro Humas dan KIP UI, dalam siaran pers, ditulis Selasa (19/10/2021).

Dari ke-25 peserta tersebut, mahasiswa atau alumni yang lolos seleksi berasal dari kriminologi, sosiologi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), matematika, dan ilmu aktuaria (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Terdapat juga peserta mewakili UI yang lolos berasal dari profesi arsitek, teknik biomedik, teknik elektro, teknik komputer, teknik industri (Fakultas Teknik), sistem informasi, dan ilmu komputer (Fakultas Ilmu Komputer).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program 10 Bulan

Sepanjang 10 bulan berjalannya program, para peserta akan didukung untuk mengembangkan aplikasi dan menjadi seorang ahli yang berwawasan luas.

Selama menjadi peserta akademi tersebut, para peserta akan mengikuti program pendahuluan yang berdurasi satu hingga dua pekan, mengembangkan pengalaman, pola pikir, dan keterampilan awal.

Terdapat juga Mini Challenges, yaitu komponen utama dari perjalanan belajar di akademi.

Mereka diberi serangkaian tantangan selama dua hingga delapan minggu, berkelompok atau individu, yang dirancang untuk memanfaatkan semangat, minat, dan konteks peserta didik.

Pada peserta lalu mengikuti tahap Bridge, yang dirancang untuk dekompresi diantara tantangan. Pada tahap ini mentor mendukung penilaian diri pelajar, remediasi jika diperlukan, dan penetapan tujuan pribadi.

Kemudian, ada juga Final Challenge selama 12 minggu, yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk menerapkan semua yang telah mereka pelajari melalui Mini Challenges dan Bridge lainnya guna menciptakan suatu mahakarya akhir.

3 dari 4 halaman

Pertajam Keterampilan Kepemimpinan Peserta

Dalam kurikulum keterampilan profesional, Apple Developer Academy akan mempertajam keterampilan kepemimpinan peserta untuk membangun tim dan berkolaborasi secara efektif.

Program ini juga bertujuan untuk menjadikan peserta sosok yang berbeda dan menarik dalam masing-masing Curriculum Vitae (CV) atau portofolionya.

Apple Developer Academy bertujuan memberdayakan ekonomi Indonesia dengan menciptakan pengembang (developers) kelas dunia untuk ekosistem aplikasi paling inovatif dan dinamis di dunia.

Program Apple Developer Academy terbuka untuk semua individu dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa aktif maupun publik (lulusan universitas dan karyawan) dengan domisili atau kewarganegaraan di Indonesia.

Setiap peserta yang lolos program ini telah melalui serangkaian pendaftaran. Pertama, pendaftaran dilakukan melalui situs resmi Apple Developer Academy di Jakarta (BSD), Surabaya, atau Batam. Hanya pendaftar yang melakukan registrasi melalui website Academy yang akan dianggap sebagai peserta rekrutmen.

Kedua, peserta juga wajib mendaftarkan diri pada website Kampus Merdeka setelah diterima sebagai peserta Apple Developer Academy untuk Cohort 2022.

4 dari 4 halaman

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.