Sukses

Eksploitasi Bluetooth Mengerikan Bisa Wipe iPhone Terdekat

Peneliti keamanan menemukan adanya eksploitasi Bluetooth mengerikan yang disebut-sebut mampu mem-wipe alias menghapus seluruh data di iPhone yang berada di jangkauan Bluetooth tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Bluetooth jadi koneksi nirkabel yang cukup penting. Pasalnya Bluetooth kini dipakai untuk menghubungkan perangkat seperti smartphone dengan headphone, speaker, keyboard, jam pintar, hingga mouse.

Sayangnya bagi pengguna iPhone, beberapa waktu yang lalu ditemukan eksploitasi Bluetooth yang bisa dimanfaatkan untuk menghapus seluruh data (wipe) iPhone terdekat dari jarak jauh.

Hal paling mengerikan dari eksploitasi Bluetooth ini adalah pemilik iPhone tak perlu melakukan aksi apa pun untuk membuat seluruh data di iPhone-nya hilang.

Dalam hal ini, pemilik iPhone tak harus mengklik link berbahaya, membuka email aneh, dan lain-lain untuk membuat seluruh datanya hilang tak berbekas. Demikian dikutip dari Ubergizmo, Kamis (14/10/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan Begitu Mudah

Menurut sebuah cuitan dari peneliti yang menemukan eksploitasi Bluetooth ini, serangannya bisa dilakukan sangat mudah.

Ia bahkan mengibaratkan, hacker bisa saja berjalan-jalan di sekitar dengan laptop berkemampuan Bluetooth di dalam ransel mereka untuk menghapus data iPhone di sekitar mereka, dari jarak jauh.

Namun bagi kamu pengguna iPhone, jangan sedih karena Apple telah mengetahui masalah ini. Perusahaan juga sudah menggulirkan perbaikan yang sudah ada di iOS 15.1.

Peneliti tersebut tidak mengungkapkan secara detail bagaimana eksploitasi Bluetooth ini bisa dihilangkan.

3 dari 4 halaman

Gulirkan iOS 15.1 Beberapa Waktu Lalu

Sebelumnya, Apple baru saja menggulirkan pemutakhiran untuk iOS 15 dan iPadOS 15. Karenanya, pengguna iPhone dan iPad kini telah dapat mengunduh iOS 15.1 maupun iPadOS 15.1.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (4/10/2021), pembaruan ini tidak banyak membawa fitur anyar, hanya mengatasi sejumlah bug yang dikeluhkan beberapa pengguna. Salah satunya adalah peringatan memori yang sudah penuh usai memasang iOS 15.

Oleh sebab itu, salah satu solusi yang dihadirkan lewat pembaruan ini mengatasi hal tersebut. Lewat pembaruan ini, Apple juga membenahi fitur buka kunci layar iPhone 13 dengan Apple Watch yang tidak dapat berfungsi.

Terakhir, iOS 15.1 dan iPadOS 15.1 mengatasi fungsi meditasi audio yang tiba-tiba memulai latihan di Apple Watch untuk sejumlah pelanggan Fitness Plus. Untuk melakukan pembaruan, pengguna tinggal membuka menu Settings, pilih General dan Software Update.

Sebagai informasi, Apple baru saja menggulirkan iOS 15 dan iPadOS 15 pada 20 September 2021. Sebelum digulirkan untuk publik, Apple sendiri sudah membuka akses beta publik untuk sistem operasi terbaru ini.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang iPhone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.