Sukses

Inspiration4 Sukses Meluncur, Elon Musk dan SpaceX Dapat Ucapan Selamat dari Jeff Bezos

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Jeff Bezos memberikan ucapan selamat atas keberhasilan Elon Musk dan SpaceX melakukan peluncuran misi luar angkasa Inspiration4, di mana seluruh awak bukanlah astronaut profesional.

Hal itu disampaikan oleh Jeff Bezos lewat akun Twitter resminya. Menurut dia, peluncuran oleh SpaceX tersebut membawa masa depan, di mana luar angkasa bisa diakses semua orang.

"Selamat kepada Elon Musk dan tim SpaceX atas suksesnya peluncuran Inspiration4 tadi malam. Sebuah langkah maju ke masa depan di mana luar angkasa bisa diakses kita semua," kata pemilik Blue Origin itu.

Musk pun membalas cuitan dari pendiri Amazon itu dengan singkat dan jelas: "Terima kasih."

Seperti diketahui, Elon Musk dan Jeff Bezos adalah saingan ketat dalam perlombaan ke luar angkasa. Keduanya tak segan saling menyindir lewat pernyataan-pernyataannya di media. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Elon Musk vs Jeff Bezos

Mengutip CNET, Blue Origin baru-baru ini menggugat NASA karena memilih Starship milik SpaceX untuk "menemani" mereka dalam misi ke Bulan.

Blue Origin juga sempat mengajukan keluhan terhadap SpaceX ke Federal Communications Commision karena masalah bisnis internet satelit milik Musk.

Di sisi lain, entah berapa kali Musk mengolok-olok Bezos lewat akun Twitter-nya.

Bos Tesla itu sempat menyebut, Bezos mundur dari jabatannya di Amazon agar bisa bekerja secara penuh waktu untuk mengajukan tuntutan hukum kepada SpaceX.

Yang terbaru, Musk menyindir dukungan Bezos terhadap sebuah startup penelitian anti-penuaan bernama Altos Labs.

Ia mengatakan, riset membalikkan penuaan pada sel manusia yang dilakukan startup itu masih dalam tahap yang sangat awal dan menurut Musk "jika tidak berhasil, bisa berujung kematian."

3 dari 4 halaman

Misi ke Luar Angkasa dengan Awak Sipil

SpaceX sendiri berhasil meluncurkan penerbangan luar angkasa pertama dengan seluruh awak sipil untuk pertama kalinya pada Rabu malam waktu setempat atau Kamis pagi (16/9/2021) WIB.

Kapsul Dragon yang dibawa oleh roket Falcon 9 milik SpaceX itu membawa dua pemenang kontes, seorang tenaga kesehatan, serta miliarder yang menjadi sponsor acara amal tersebut.

Nantinya, kapsul tersebut akan menghabiskan waktu tiga hari untuk memutari Bumi di ketinggian orbit 100 mil atau 160 kilometer, lebih tinggi daripada Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Setelah itu, dijadwalkan mereka akan meluncur dan mendarat ke lepas pantai Florida, Amerika Serikat pada akhir pekan ini.

Keempat awak di misi itu adalah Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Chris Sembroski, dan Dr. Sian Proctor.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Negara Asgardia