Sukses

Pujian Warganet Banjiri Twitter Usai Hary/Leani Raih Emas di Paralimpiade Tokyo 2020

Mulai dari akun terverifikasi, Presiden, hingga warganet memberikan selamat kepada pasangan Hary/Leani yang membawa emas kedua untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali mendapatkan emas di cabang olahraga badminton SL3-SU5 Paralimpiade Tokyo 2020, lewat pasangan ganda campuran Hary Susanto/Leani Ratri Oktila atau Hary/Leani.

Hary/Leani berhasil membawa emas kedua di Paralimpiade Tokyo 2020 tersebut usai membuat pasangan Prancis Lucas Mazur/Faustine Noel bertekuk lutut dengan skor 2-0 23-21, 21-17 di Yoyogi National Stadium, Minggu (5/9/2021).

Apresiasi pun datang dari warganet, dan membanjiri lini masa media sosial Twitter. Hingga artikel ini di-publish, ada sebanyak 64,7 ribu Tweet tentang "Leani."

Sementara itu, sebanyak 9.152 tweet tentang "Hary Susanto." Adapun, ucapan selamat dan apresiasi datang dari berbagai akun Twitter mulai dari yang terverifikasi hingga yang tidak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Queen of Parabadminton

Ada juga warganet yang menjabarkan daftar kemenangan Leani Ratri Oktila selama Paralimpiade Tokyo 2020, dan menjuluki wanita 30 tahun itu sebagai "Queen of Para Badminton." 

Pujian juga muncul dari seorang warganet yang memuji bagaimana Hary Susanto, yang telah berusia 40-an dan memiliki keterbatasan fisik, masih bisa mengejar mimpinya. Ia bahkan mengaku terinspirasi dan ingin seperti Hary di tahun-tahun yang akan datang.

Presiden Joko Widodo pun lewat akun Twitter resminya juga telah memberikan selamat kepada duo Hary/Leani. Di cuitan tersebut, Presiden juga mengunggah cuplikan video kemenangan keduanya

"Kemarin, Leani Ratri Oktila menyumbang medali emas untuk Indonesia dari bulutangkis ganda putri di @paralympics Tokyo. Hari ini, medali emas ia raih dari ganda campuran bersama Hary Susanto, dan medali perak di tunggal putri," tulis Jokowi.

3 dari 4 halaman

Hary/Leani Unggul 2-0

Ganda campuran Indonesia, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila berhasil merebut emas kedua di Badminton SL3-SU5 Paralimpiade Tokyo 2020.

Game 1 berjalan cukup ketat untuk Hary/Leani. Kedua ganda campuran berkejaran poin dan ganda campuran Prancis sempat unggul 6-5.

Namun kesalahan tidak perlu kerap dilakukan Hary Susanto seperti bola tak sampai ke seberang. Ini membuat mereka sempat tertinggal 12-16.

Pantang menyerah Hary/Leani paksa duel hingga deuce di game 1, bahkan unggul 22-21. Hary/Leani berhasil menangi game 1 dengan 23-21 pada Paralimpiade 2020.

Game 2 juga berjalan alot seperti yang pertama. Kejar-kejaran poin sempat terjadi dengan Hary/Leani unggul terlebih dahulu 8-6.

Hary/Leani terus menjaga keunggulan hingga 15-10. Persaingan ketat meski Hary/Leani unggul sehingga perbedaan poin hanya tipis 18-16. Keduanya mengakhiri perlawanan Prancis dengan 21-17.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Leani Ratri Oktila Raih Medali Perak Paralimpiade Tokyo 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.