Sukses

Microsoft Siap Luncurkan Windows 11 pada 5 Oktober 2021

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft akhirnya mengumumkan tanggal peluncuran resmi dari Windows 11, yaitu 5 Oktober 2021.

Sistem operasi baru tersebut akan tersedia sebagai upgrade gratis bagi PC dengan Windows 10 yang memenuhi syarat, atau pada perangkat baru yang telah dimuat dengan Windows 11 sebelumnya.

 

"Di saat PC terus memainkan peran penting dalam kehidupan kita lebih dari sebelumnya, Windows 11 siap memberdayakan produktivitas dan menginspirasi kreativitas Anda," kata Aaron Woodman General Manager of Windows Marketing dalam blog Windows.

Dikutip dari The Verge, Rabu (1/9/2021), pembaruan gratis ke Windows 11 akan mulai meluncur pada 5 Oktober. Namun sama seperti peningkatan sebelumnya, mereka akan tersedia secara bertahap.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perangkat Baru Terlebih Dulu

Nantinya, perangkat baru yang memenuhi syarat terlebih dahulu yang akan mendapatkan penawaran upgrade ke Windows 11. Selanjutnya, sistem operasi ini akan tersedia untuk perangkat di pasar dalam beberapa pekan atau bulan setelah 5 Oktober.

"Mengikuti pembelajaran luar biasa dari Windows 10, kami ingin memastikan bahwa kami memberikan Anda pengalaman terbaik," kata Woodman.

"Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan pembaruan gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022," katanya.

Menurut Woodman, apabila pengguna memiliki PC Windows 10 yang memenuhi syarat untuk pembaruan, Windows Update akan memberitahu mereka apabila Windows 11 sudah tersedia.

"Anda bisa memeriksa apakah Windows 11 siap untuk perangkat Anda dengan melihat Settings > Windows Update dan pilih Check for Updates," tulis Woodman dalam blog Windows.

3 dari 4 halaman

Belum Sertakan Kemampuan Aplikasi Android

Meski sudah mengumumkan kemampuannya untuk dapat menggunakan aplikasi Android secara langsung, tampaknya dalam peluncurannya di 5 Oktober, Windows 11 belum akan menyediakan fitur tersebut.

Pratinjau aplikasi Android di Windows 11 akan tersedia untuk Windows Insiders dalam beberapa bulan mendatang, menunjukkan bahwa kemungkinan tidak akan diluncurkan ke semua pengguna.

Sementara jika PC pengguna sepenuhnya tidak cocok dengan Windows 11, Microsoft masih akan mendukung Windows 10 hingga 14 Oktober 2025.

Namun, belum diketahui bagaimana pembaruan besar Microsoft akan rilis untuk Windows 10 selama empat tahun ke depan.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia