Sukses

Instagram Garap Tombol Like Pada Stories?

Instagram dikabarkan tengah menggarap tombol Like untuk Stories, saat ini pengguna hanya bisa memberikan reaksi pada Stories milik pengguna lain.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram dikabarkan sedang mengembangkan tombol Like untuk Instagram Stories. Pasalnya, sampai sekarang belum ada fitur seperti tombol Like di Stories.

Pengguna hanya bisa memberikan reaksi terhadap Stories yang bisa muncul pada Direct Message si pembuat Stories.

Mengutip laman Gadget NDTV, Sabtu (28/8/2021), tombol Like ini diperkirakan akan muncul di halaman utama Stories. Pengguna pun bisa melihat jumlah tanda Like yang diterima beserta pengguna lain yang memberikan Like.

Disebutkan, seorang pengguna bisa memberikan banyak Like pada sebuah unggahan Instagram Stories.

Informasi ini pertama diungkap oleh developer terkemuka Alessandro Paluzzi. Melalui akun Twitter, Paluzzi mengatakan, Instagram tengah mengembangkan kemampuan untuk memberikan tanda Like pada unggahan Stories. Menurut WABetaInfo, fitur ini masih dalam tahap pengembangan.

Meski demikian, fitur ini belum akan tersedia pada versi beta publik terbaru Instagram. Belum ada kejelasan kapan fitur ini akan tersedia untuk pengguna umum, namun developer Instagram disebut-sebut tengah mengerjakannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Beri Like Lebih dari Sekali

Berdasarkan screenshot yang dibagikan Paluzzi, ikon hati terdapat tepat di sebelah bilah teks. Posisinya di bagian bawah.

Ketika pengguna mengklik, akan memicu animasi. Pengembang mengatakan, pengguna bisa memberikan tanda like hingga beberapa kali.

WABetaInfo mengatakan, pemilik Instagram Stories tidak akan menerima notifikasi Like pada DM, seperti saat menerima reaction Stories.

Kemungkinan akan ada tampilan jumlah Like yang bisa dilihat pengguna. Karena masih dalam pengembangan, ada kemungkinan tampilannya bisa berubah sebelum dirilis.

Dikatakan pula, ada kemungkinan tanda Like pada Stories akan menghilang setelah dilihat 48 jam.

3 dari 3 halaman

Swipe Up akan Hilang

Sebelumnya, Instagram dikabarkan akan mempensiunkan fitur Swipe Up. Swipe Up merupakan fitur yang memungkinkan orang mengunjungi website eksternal dengan cara men-swipe up atau gulir layar Stories ke atas.

Rencana Instagram untuk mempensiunkan fitur Swipe Up mulai 30 Agustus 2021. Informasi ini berdasarkan notifikasi yang dilihat oleh The Verge dan telah dikonfirmasi oleh pihak Instagram.

Mengutip The Verge, Selasa (24/8/2021), alih-alih menggunakan Swipe Up, Instagram mengatakan pengguna bisa memakai stiker link yang persis seperti namanya, stiker yang bisa di-tap dalam Stories.

Tujuannya pun sama seperti swipe up, yakni membawa pengguna mengunjungi situs web eksternal.

Perusahaan mengatakan, pihaknya menghentikan fitur Swipe Up untuk merampingkan pengalaman dalam membuat Stories. Dengan begitu, pengguna bisa merasakan lebih banyak kontrol kreatif, mengingat tampilan stiker lebih menarik ketimbang Swipe Up.

Fitur stiker link sendiri diuji coba oleh Instagram pada Juni ini. Instagram menguji stiker link untuk banyak pengguna alih-alih hanya mereka yang sudah memiliki hak Swipe Up.

Sekadar informasi, akses atas fitur Swipe Up hanya bisa digunakan oleh pengguna yang terverifikasi atau setidaknya memiliki 10.000 followers.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini