Sukses

Warganet Kaget Font Twitter Berubah

Warganet ramai memperbincangkan font Twitter yang berubah, apa tanggapan warganet?

Liputan6.com, Jakarta - Twitter resmi mengubah tampilan font (jenis huruf) di aplikasi maupun Twitter web. Kini, font di Twitter pun seragam untuk semua pengguna Twitter.

Adapun font yang digunakan oleh Twitter untuk aplikasi maupun versi web-nya bernama Chirp font.

Warganet yang menyadari bahwa font Twitter mereka berubah pun kaget dan bertanya-tanya apakah perubahan font ini hanya dialami dirinya atau semua orang.

Perubahan font Twitter menjadi Chirp pun membuat linimasa Twitter ramai. Kata "Font" dan "Berubah" bahkan sempat menjadi trending topic di linimasa Twitter Indonesia.

"Day by day, Twitter makin berubah," cuit seorang pengguna.

Pengguna lainnya heran karena font Twitter-nya berubah. "Wait wait wait..kok font type Twitter gue berubah?"

Ada pula warganet yang mempertanyakan apakah perubahan font Twitter ini hanya dialami dirinya atau juga pengguna lain.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resmi Ubah Jenis Huruf Jadi Chirp Font

Sebelumnya, jejaring sosial Twitter menggulirkan font baru bernama Chirp pada aplikasi maupun versi web-nya.

Mengutip The Verge, Kamis (12/8/2021) informasi soal perubahan font Twitter ini sebelumnya sudah diumumkan Twitter melalui akun resmi mereka.

Uniknya, sebagian besar pengguna sudah melihat perubahan font di aplikasi Twitter mereka, namun ada sebagian lainnya yang belum merasakan perubahan font ini.

Twitter merinci, font Chirp merupakan salah satu bagian dari penyegaran brand mereka.

"Chirp menyeimbangkan antara tampilan yang terlihat acak-acakan dan tajam untuk memperkuat kesenangan sekaligus ketajaman sebuah tweet. Namun (font) Chirp juga membawa keseriusan saat dibutuhkan," kata Twitter dalam unggahan blog-nya.

Saat itu, Twitter menggunakan font Chirp untuk materi promosi dan grafik. Namun font ini belum terlihat di feed atau ketika menavigasi aplikasi.

Direktur Kreatif Global Brand Twitter Derrit DeRouen pada Januari lalu mengatakan, merupakan "keinginan pribadinya" untuk menjadikan Chirp sebagai font default untuk produk Twitter. Namun saat itu DeRouen tak menyebut kapan perusahaan akan menggulirkan penggunaan font Chirp pada seluruh pengguna.

3 dari 3 halaman

Perubahan Lainnya

"Kami juga memperbarui warna dengan kontras yang lebih tinggi dan jauh lebih biru. Perubahan ini dibuat untuk menarik perhatian pada foto dan video yang Anda bagikan," kata Twitter dalam utas yang diunggahnya.

Perusahaan berjanji meluncurkan warna baru dalam waktu dekat. Disebutkan pula, mereka yang sudah berlangganan layanan premium Twitter Blue sudah bisa mengubah warna aplikasi dan mengubah warna ikon aplikasi, namun layanan premium ini baru tersedia untuk pengguna iOS di Kanada dan Australia.

Bukan hanya itu, selain mengubah font, Twitter juga mengubah tampilan tombol Follow. Kini ketika pengguna telah mengikuti sebuah akun, latar belakang tombol Follow berwarna putih, sementara ketika belum mengikuti sebuah akun, tulisan Follow hadir dengan background hitam.

Ini merupakan kebalikan dari cara kerja tombol Follow yang sebelumnya, jadi pengguna perlu berhati-hati agar tidak salah meng-unfollow sebuah akun.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.