Sukses

Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 Resmi Meluncur, Apa Saja Kemampuannya?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akhirnya memperkenalkan dua smartphone terbarunya, yakni Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3. Sesuai namanya, kedua smartphone anyar ini merupakan perangkat layar lipat.

"Dengan Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, Samsung sekali lagi mendefinisikan ulang kemampuan yang dapat ditawarkan smartphone foldable bagi pengguna untuk menghadapi dunia serba cepat dengan fleksibilitas dan keserbagunaan," tutur Presiden and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, TM Roh saat gelaran Galaxy Unpacked yang digelar secara virtual, Rabu (11/8/2021).

Generasi terbaru smartphone layar lipat ini disebut hadir dengan menawarkan pengalaman pemakaian yang lebih baik, sekaligus menjawab permintaan konsumen, terutama soal ketahanan. 

Salah satunya yang kini dihadirkan di dua smartphone layar lipat ini adalah sertifikasi IPX8 untuk ketahanan air. Samsung juga menghadirkan bodi yang lebih kokoh dan daya tahan lebih baik.

Kali ini, rangka keduanya sudah menggunakan armor alumumium dan Corning Gorilla Glass Victus untuk bagian layar.

Ketahanan hinge (engsel) kedua smartphone ini dijamin dan sudah terverifikasi Bureau Veritas. Berdasarkan pengujian internal, hinge Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 dapat bertahan hingga 200 ribu kali buka tutup.Tampilan Samsung Galaxy Z Flip3 yang baru meluncur. (Foto: Samsung)

Dengan asumsi buka tutup smartphone hingga 100 kali per hari, Samsung mengatakan daya tahan hinge Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip bisa mencapai lima tahun.

Kali ini, Samsung juga melengkapi kedua perangkat ini dengan pelindung baru berbahan PET untuk layar yang membuatnya 80 persen lebih tahan lama dibanding generasi terdahulu.

Selain itu, pada Galaxy Z Fold3, Samsung turut menghadirkan teknologi terbaru, yakni kamera Under Display. Jadi, pengalaman penggunaan lebih optimal tanpa terganggun notch atau punch-hole.

2 dari 4 halaman

Hadir dengan Dukungan S Pen untuk Galaxy Z Fold3

Meski lini Galaxy Note terbaru tidak rilis tahun ini, Samsung tetap menawarkan dukungan fungsi S Pen pada Galaxy Z Fold3. Samsung menyiapkan dua model S Pen untuk Galaxy Z Fold3, yakni S Pen Fold Edition dan S Pen Pro.

Keduanya mengusung desain Pro Tip dan sudah dibekali dengan force limit technology untuk melindungi layar utama saat menggunakannya. Samsung juga menjanjikan latency lebih rendah, sehingga pengalaman pengguna lebih intuitif.

Tidak hanya itu, Samsung telah memperbaru fitur Flex Mode yang ada di Galaxy Z Fold3. Fungsi Multi-Active Window pun kini lebih ditingkatkan, sehingga mendukung kebutuhan melakukan beberapa aktivitas sekaligus di layar.

3 dari 4 halaman

Kemampuan Galaxy Z Flip3

Sementara untuk Galaxy Z Flip3, Samsung menghadirkan cover screen di bagian depan yang dapat menunjang sejumlah fungsi. Mulai dari informasi cuaca, jadwal, hingga akses ke Samsung Pay.

Samsung juga menghadirkan kemampuan Flex Mode di perangkat ini, sehingga memungkinkan pengguna tetap menikmati konten termasuk mengambil foto selfie secara hands-free.

Samsung turut bekerja sama dengan sejumlah perusahaan seperti Google dan Microsoft untuk mengoptimalkan pemakaian software di perangkat layar lipat.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia