Sukses

Viu Kantongi 49,4 Juta Pengguna Aktif Bulanan

Layanan streaming Viu menyebut ada pertumbuhan pengguna pada semester 1 tahun 2021

Liputan6.com, Jakarta Layanan streaming video over-the-top PCCW, Viu, mengumumkan peningkatan pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) menjadi 49,4 juta per Juni 2021, dengan pertumbuhan 37 persen secara tahunan.

Laporan itu disampaikan Viu dalam siaran pers yang diterima Tekno Liputan6.com (10/8/2021), mengenai pencapaian mereka untuk kinerja semester 1 tahun 2021.

Layanan streaming asal Hong Kong itu juga melaporkan bahwa pelanggan berbayar mereka tumbuh 62 persen secara tahunan, menjadi lebih dari 7 juta dan pendapatan tumbuh 47 persen secara tahunan.

Mereka menyebutkan, kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika secara konsisten menghasilkan pertumbuhan yang tinggi.

Adapun pasar pendorong utama yang memimpin pertumbuhan ini adalah Thailand dan Indonesia, yang menjadi pasar terbesar Viu dengan pertumbuhan tercepat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertumbuhan Kuat di Semester 1 tahun 2021

Dalam laporan AMPD Media Partners Asia, Viu menjadi nomor satu untuk jumlah MAU dalam tujuh kuartal berturut-turut di Asia Tenggara.

Viu juga menempati peringkat kedua dalam hal pelanggan berbayar dan menit streaming di antara platform streaming video utama di Asia Tenggara pada Semester 1 2021.

"Kami melihat pertumbuhan yang kuat di semester 1 2021, didukung oleh jajaran konten yang kuat dan ekosistem mitra yang diperkuat," kata Janice Lee, Chief Executive Officer Viu dan Managing Director PCCW Media Group.

"Kombinasi analitik data kami dan kehadiran di pasar lokal memastikan kami benar-benar memahami denyut nadi konsumen di mana kami beroperasi," ujarnya.

Untuk mendukung model freemium, Viu juga mencetak percepatan pertumbuhan dalam monetisasi. Pertumbuhan ini didukung jaringan yang kuat dengan lebih dari 80 mitra dalam ekosistem digital di seluruh pasar.

Mereka terdiri dari perusahaan telekomunikasi, produsen perangkat, bisnis ritel dan e-commerce, serta mitra distribusi konten. Strategi ini mendukung Viu meraih basis yang luas untuk mengakuisisi pengguna dan meningkatkan monetisasi.

3 dari 4 halaman

Lanjutkan Eksplansi Original Korea

 Lebih lanjut, Viu menyatakan akan melanjutkan ekspansi konten Original Korea. Di semester 1 2021, mereka sudah meluncurkan River Where The Moon Rises dan Doom At Your Service.

Di semester perdana 2021, mereka juga telah merilis produksi original internasional seperti Black S2 (Malaysia), uBettina Wethu (Afrika Selatan) dan Assalamualaikum Calon Imam Series S2 (Indonesia) yang segera rilis tahun ini.

Selain itu, mereka juga memperkuat portofolio konten Asia untuk menjadi pemimpin dan pusat konten Asia premium populer dengan mitra konten utama dari Cina daratan dan Thailand, serta memperluas portofolio anime.

Viu juga memperluas program pembuatan konten andalannya dari Viu Pitching Forum ke Malaysia dan Thailand pada semester satu.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Perfilman Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.