Sukses

Google Drive Kini Mungkinkan Pemblokiran Pengguna Lain

Google Drive kini memungkinkan pengguna untuk memblokir akun pengguna lainnya agar tidak bisa mengirimkan konten spam atau file mengganggu lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Google Drive menjadi layanan komputasi awan yang unggul dalam banyak hal. Salah satunya adalah kenyamanan, di mana pengguna bisa menyimpan, menyinkronkan, dan mengedit file secara pribadi maupun kolaboratif.

Pengguna bisa saling membagikan kertas kerja Google Drive kepada alamat email yang dikehendaki. Namun rupanya di Google Drive, pengguna juga bisa mendapat spam.

Pengguna bisa menghapusnya, tetapi tetap bisa muncul di tempat lain dan hal ini bisa sangat mengganggu.

Untuk itu, pada Mei lalu, Google mengumumkan serangkaian pembaruan untuk meningkatkan kemampuan pengguna dalam mengatasi penyalahgunaan dan ancaman.

Mengutip GSM Arena, Selasa (27/7/2021), salah satu fiturnya adalah kemampuan untuk memblokir pengguna Google Drive lainnya. Kini, fitur tersebut telah resmi hadir.

Fitur ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna, bukan hanya pelanggan berbayar Google. Akun pribadi gratis pun bisa memblokir pengguna Google Drive lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Blokir Pengguna Lain di Google Drive

Untuk memblokir pengguna lain, pengguna hanya perlu mengklik kanan pada beberapa konten tak diinginkan yang dibagikan oleh pengguna tersebut.

Kemudian pengguna bisa menekan opsi "blokir". Akan ada tiga opsi berikutnya, yakni:

- Blokir pengguna lain agar tidak membagikan konten apa pun di masa mendatang.

Kontrol ini bisa menjadi kontrol yang berguna, misalnya jika pengguna lain memiliki riyawat mengirim spam atau konten yang tidak pantas.

3 dari 3 halaman

Opsi Lainnya

- Opsi lain adalah menghapus seluruh file yang ada, yang telah dibagikan pengguna lain.

Cara ini merupakan cara mudah untuk menghapus semua spam atau konten abusif yang dibagikan oleh seorang pengguna secara bersamaan.

- Hapus akses seorang pengguna dari konten-konten milik kita, termasuk konten yang sebelumnya kita bagikan dengan pengguna tersebut.

Kehadiran fitur penghapusan ini dianggap cukup rapi, namun perlu dicatat, memblokir akun Google tertentu di Google Drive juga berarti memblokirnya di layanan Google liannya.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.