Sukses

Apple Resmi Luncurkan iOS 15 di WWDC 2021

Liputan6.com, Jakarta - Apple resmi mengungkap kehadiran sistem operasi terbarunya, iOS 15 dalam gelaran acara Wordwide Developer Conference (WWDC 2017) pada Senin (7/6/2021), pukul 10.00 waktu setempat.

Pada iOS 15 kali ini, Apple memperkenalkan sejumlah fitur baru dan peningkatan dalam hal keamanan privasi penggunanya.

Facetime

FaceTime adalah aplikasi pertama yang dipaparkan Apple akan mendapatkan sejumlah pembaruan. Perusahaan mendesain ulang aplikasi panggilan video ini dengan menyuguhkan opsi grid view dan portrait mode.

Soal audio saat melakukan panggilan FaceTime, perusahaan juga menawarkan fitur Spatial Audio yang mampu “meredam” suara yang tidak diinginkan sehingga tidak akan mengganggu obrolan di FaceTime.

Apple juga memperkenalkan FaceTimelink yang memungkinan pengguna untuk mengajak teman mereka untuk berbincang-bincang.

Menariknya, fitur ini tidak hanya sebatas bagi pengguna perangkat Apple semata, pengguna Android dan Windows pun juga dapat ikutan join perbincangan di FaceTime dengan membuka link di browser mereka.

Kemampuan FaceTime semakin menarik dan seru untuk berbagi dengan teman-teman lewat fitur SharePlay. Dengan ini, pengguna dapat berbagi layar untuk mendengarkan musik dan menonton film bersama saat FaceTime-ing.

Fitur ini dapat digunakan untuk layanan Apple, dan sejumlah aplikasi pihak ketiga, diantaranya Disney+, hulu, HBOMax, TikTok, dan lainnya.

 

2 dari 4 halaman

Messages

Messages di iOS 15 memperkenalkan pengguna dengan cara baru berbagi konten, seperti gambar, musik, podcast, dan artikel di Apple News.

Pengguna dapat menyematkan konten yang dibagikan ke laman depan dengan lebih mudah lagi.

Notifikasi

Apple juga meromban desain notifikasi di iOS 15. Kini akan dimunculkan ringkasan notifikasi yang menyajikan informasi berdasarkan cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi.

Status ‘Do Not Disturb’ kini akan ditampilkan ke kontak di Messages. Ada juga opsi status alternatif, seperti “Focus” yang berfungsi sebagai status yang dapat dikonfigurasi pengguna untuk notifikasi.

 

3 dari 4 halaman

Photos

Photos kini akan menampilkan fitur "Live Text,” yang memungkinkan pengguna untuk meng-highlight dan memilih teks di gambar.

Live Text juga berfungsi di aplikasi lain, seperti Apple News. Di iOS 15, Photos juga akan ditampilkan dalam pencarian Spotlight dan lagu Apple Music yang terintegrasi ke dalam Photos.

Memori yang tersimpan di Photos juga dapat disinkronkan dengan video dan gambar, dan dapat dikonfigurasi dengan berbagai lagu yang dipilih secara cerdas dari Apple Music.

 

4 dari 4 halaman

Weather

Aplikasi ini sekarang akan tampil dengan desain yang baru, peta di dalam aplikasi beresolusi tinggi, dan animasi latar belakang baru.

Weather akan beruba tampilannya berdasarkan dari kondisi cuaca di dunia nyata tempat kamu berada dan sekitarnya.

Maps

Maps menampilkan tampilan globe dan 3D yang lebih detail di sejumlah kota. Ada detail jalan baru untuk membantu pengemudi dan informasi lebih lanjut tampilan Transit.

Maps kini juga akan secara otomatis mengikuti pengguna selama rute transit dan dapat mengingatkan kapan harus turun, serta menawarkan informasi arah yang lebih rinci.

(Ysl/Tin)