Sukses

Bos Apple Ungkap Ide di Balik Desain Siri Remote Terbaru

Siri Remote generasi kedua itu hadir bersamaan dengan Apple TV 4K

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengumumkan dua produk baru, yakni Apple TV 4K dan generasi teranyar dari Siri Remote. Menariknya, desain Siri Remote kali ini ternyata mencuri perhatian pengguna ketimbang seri Apple TV-nya.

Kenapa? Ternyata pengguna lebih tertarik dengan Siri Remote baru karena bentuknya tombol utamanya yang mirip quick wheel di iPod.

Kemiripan Siri Remote dan iPod ini juga dikonfirmasi langsung oleh Vice President Product Marketing for Home and Audio, Tim Twerdahl.

Sebelum peluncuran, 9to5Mac sempat melakukan jajak pendapat tentang hal paling diharapkan pelanggan tentang Apple TV baru.

Dari hasilnya, 30 persen dari peserta jajak pendapat hanya tertarik membeli Siri Remote baru untuk digunakan dengan Apple TV lama mereka.

Menurut Tim Twerdahl, dia mengingatkan kembali remot generasi pertama untuk format on-demand.

“Jika dipikirkan, sejak pertama kali mengenal VCR dan DVD kita terjebak dalam kontrol kecepatan 2X, 4X, 8X dan itu tidak terlalu intuitif atau berguna," tuturnya sepertik dikutip dari 9to5Mac, Senin (24/5/2021).

Setelah menemukan bentuk melingkar yang mirip dengan iPod tersebut, dia menilai desain seperti itu akan membantu penggunanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan di Siri Remote

"Menggeser video [dengan quick wheel] merupakan hal yang wajar, editor profesional sering menggunakan kontrol seperti ini. Karena itu sangat menyenangkan untuk menghadirkannya ke ruang tamu pengguna," katanya.

Masih tentang Siri Remote baru, VP Apple tersebut juga menjelaskan bagaimana perusahaan membuat remote sederhana dan universal.

Dia menyebut, ada beberapa standar yang menggunakan HDMI dan beberapa standar lainnya yang menggunakan infra merah.

“Jadi kami harus berembuk dan mencari tahu cara terbaik untuk melakukannya untuk TV tertentu. Kuncinya adalah kesederhanaan bagi pelanggan. Kami akan melakukan semua kerja keras dan pekerjaan berat di latar belakang," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Siri Remote Baru

Dia melanjutkan, Siri Remote terbaru itu dilengkapi dengan tombol di sisi kanan remot. Ketika pengguna menekan tombol tapi tidak memberikan perintah apapun, Siri akan menampilkan beberapa saran di Apple TV mengenai perintah yang bisa dilakukan.

“Dengan memindahkan tombol Siri ke samping, kami berharap hal itu akan membuatnya lebih nyaman karena Anda dapat melakukan hal persis sama seperti di iPhone,” katanya menjelaskan.

Terlepas dari pengalaman yang ingin Apple berikan ke penggunanya, Tim Twerdahl menyebut, Apple TV 4K baru disiapkan untuk masa depan. Alasannya, karena telah mendukung standar baru HDR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini