Sukses

Smartphone Jadi Gadget Andalan Cari Info Kesehatan

Smartphone menjadi alat yang paling diandalkan user untuk mencari informasi kesehatan. Sekitar 52% pengguna smartphone mencari info kesehatan lewat telepon pintar mereka.

Liputan6.com, Jakarta: Telepon pintar (smartphone) menyediakan banyak aplikasi yang gampang didownload oleh penggunanya. Didukung koneksi internet, smartphone mempermudah seseorang mencari informasi kapan pun mereka inginkan, termasuk informasi kesehatan.

Pew Research Center mencoba menganalisis perilaku pengguna telepon selular dalam mencari informasi kesehatan. Riset ini dilakukan antara bulan Agustus dan September, melibatkan 3.014 orang dewasa di Amerika Serikat.

Hasilnya menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen yang menggunakan telepon genggam mereka untuk mencari informasi kesehatan. Seperti dilansir MediaPost, Senin (12/11/2012), jumlahnya kini meningkat menjadi 31%, dibanding dua tahun lalu yang hanya berjumlah 17%.

Dan smartphone menjadi alat yang paling diandalkan user untuk mencari info tersebut. Lebih dari setengah pengguna smartphone (52%) mengaku mencari info kesehatan lewat telepon pintar mereka. Sementara itu hanya 6% yang mengakses lewat ponsel biasa.

Nah, apa saja informasi kesehatan yang dicari pengguna smartphone tersebut? Jawabannya macam-macam, mulai dari bagaimana menjaga kesehatan hingga mencari informasi/jawaban ketika sedang sakit atau mengalami krisis kesehatan.

Pew Research Center memprediksi ada sekitar 84% pengguna smartphone mendownload aplikasi ke telepon mereka, 19% diantaranya mendownload satu aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan.

Aplikasi latihan (olahraga), diet dan berat badan adalah aplikasi kesehatan yang paling banyak dipakai. Sekitar 38% responden mengatakan memakai aplikasi untuk membantu merekam latihan mereka. Sementara itu, 31% responden memakai aplikasi untuk memantau diet mereka, dan 12% mengaku memakai aplikasi untuk membantu mereka mengelola berat badan.

Aplikasi lainnya yang juga banyak dipakai adalah aplikasi untuk memonitor tekanan darah, yang berhubungan dengan kehamilan, gula darah atau diabetes, hingga merekam siklus menstruasi.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali aplikasi kesehatan yang tersebar di internet. Coba cek smartphone Anda dan hitung ada berapa aplikasi kesehatan yang terinstal di sana. Aplikasi fitnes "MyFitnessPal" misalnya, atau aplikasi penghitung kalori seperti "Lose It". Ada juga aplikasi Endomondo yang dapat merekam dan mengukur kalori saat kita berolahraga.

Selain aplikasi, fitur pesan singkat SMS mulai banyak dipakai untuk hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan. Sekitar 9% responden mengaku mendapatkan update tentang kesehatan di ponsel mereka, biasanya dalam bentuk reminder. (dew)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini