Sukses

Adu Spesifikasi Redmi Note 10 dengan Reno4 F

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi resmi memperkenalkan Redmi Note 10 ke Indonesia dengan berbagai inovasinya. Salah satu inovasi yang paling kentara adalah dukungan layar AMOLED pertama untuk seri Redmi milik Xiaomi.

Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengatakan, Redmi Note 10 akan menjadi opsi terbaik smartphone dengan layar AMOLED di segmen harganya.

Dengan dukungan layar AMOLED, pengguna Redmi Note 10 bisa merasakan tampilan layar yang lebih jernih dan detail. Dengan demikian, inovasi teknologi dapat dirasakan semua orang.

Redmi Note 10 sendiri dibanderol di harga Rp 2,4 jutaan dan diklaim Xiaomi sebagai pilihan smartphone terbaik di kelasnya.

Saat peluncuran Redmi Note 10, Alvin sempat membandingkan spesifikasi smartphone baru Redmi Note ini dengan perangkat milik kompetitor yang sudah ada di pasaran, salah satunya adalah Oppo Reno4 F.

Jika dibandingkan di atas kertas, kedua Redmi Note 10 dan Reno4 F memiliki spesifikasi yang mirip. Sama-sama didukung layar AMOLED, chipset kelas menengah untuk mendongkrak kinerja, dan konfigurasi empat kamera belakang.

Digadang-gadang sebagai pesaing, seperti apa perbandingan kedua smartphone tersebut? Yuk simak informasinya.

2 dari 7 halaman

Layar

Redmi Note 10 memiliki layar seluas 6,43 jenis AMOLED dengan resolusi 1.080 x 2.400 piksel (FHD+).

Agak mirip, Reno4 F didukung layar Super AMOLED seluas 6,43 inci dengan resolusi FHD+ (1.080 x 2.400 piksel) juga.

Keduanya juga sama-sama didukung dengan refresh rate serupa, yakni Redmi Note 10 memiliki refresh rate 60Hz, begitu juga dengan Reno4 F yang memiliki refresh rate 60Hz.

Dengan refresh rate ini, kegiatan di smartphone bisa dilakukan dengan smooth, sebut saja untuk scrolling layar, buka,  dan ganti aplikasi, sampai ke main gim.

 

3 dari 7 halaman

Desain

Redmi Note 10 mengusung desain bezeless dan tanpa tombol depan. Agar makin kekinian, Redmi Note 10 yang memiliki layar 6,43 inci itu hadir dengan lubang di layar alias DotDisplay design untuk menempatkan kamera selfie 13MP-nya.

Sisi Redmi Note 10 terdapat tombol volume dan Power, di mana pada tombol Power tersebut ditempatkan fingerprint scanner yang mudah diraih.

Pengisian daya Redmi Note 10 telah menggunakan USB type C. Perangkat ini juga masih menyajikan jack audio 3,5mm.

Pada bodi belakang, Xiaomi menempatkan empat kamera dengan frame di sisi kanan atas perangkat. Kamera Redmi Note 10 susunannya cukup unik.

Misalnya sebuah kamera 48MP hadir dengan ukuran lebih besar dan ditempatkan di paling atas, diikuti dengan dua kamera yang ukurannya lebih kecil. Satu kamera lainnya diletakkan di bawah kedua lensa kamera.

Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Pada bodi belakang ini, Redmi Note 10 juga menyertakan LED flash di sebelah deretan lensa kamera. Desain bodi belakang Redmi Note 10 cukup kekinian dengan tampilan clean dan simple. Tidak ada gradasi warna yang ditampilkan pada bodi belakang.

Sementara itu, Reno4 F yang memiliki spesifikasi layar serupa Redmi Note 10 hadir dengan desain layar berbeda. Meski sama-sama bezeless dan tanpa tombol, Reno4 F punya punch hole di layar yang letaknya di sisi kanan atas layar.

Punch hole-nya juga tidak berbentuk lingkaran tetapi oval dengan dua kamera depan untuk mendukung selfie.

Pada Reno4 F, tombol Power ditempatkan di sisi kanan smartphone dan tombol volume di sisi kiri. Tombol Power juga bisa berfungsi sebagai fingerprint scanner.

Pada bodi belakang, frame kamera ditempatkan di sisi kanan atas. Frame-nya berbentuk persegi dengan bulatan lensa yang berukuran sama sehingga kesannya simetris. Di samping frame kamera ditempatkan sebuah LED flash.

Masih di bodi belakang, meski sama-sama hadir dengan warna putih, Reno4 F menghadirkan tampilan yang lebih mengkilap dengan berbagai gradasi warna jika dilihat dari sisi berbeda.

4 dari 7 halaman

Performa

Perbedaan lain terletak pada spesifikasi chipset dan ukuran RAM dan memori yang dibenamkan di perangkat.

Redmi Note 10 didukung chipset Snapdragon 678 yang diproses dengan fabrikasi 11nm.

Sementara Oppo Reno4 F disokong dengan chipset MediaTek MT6679V Helio P95 dengan fabrikasi 12nm.

Meski memiliki chipset berbeda, kedua smartphone sama-sama menghadirkan pengalaman penggunaan yang baik untuk kelasnya.

Kini menyoal RAM dan memori, Redmi Note 10 hadir di Indonesia dengan RAM LPDDR4 sebesar 4GB dan memori internal 64GB.

Sementara, Oppo Reno4 F hadir dengan kapasitas lebih luas dan lega sehingga pengguna bisa memuat lebih banyak file. Reno 4F punya RAM 8GB dan memori internal 128GB. Jika kurang luas, kedua smartphone sama-sama menyediakan slot Micro SD untuk meningkatkan ruang penyimpanan. 

Redmi Note 10 menjalankan Android 11 dengan sistem operasi MIUI 12 dari Xiaomi. Sementara Reno4 F menggunakan Android 10 dengan sistem operasi ColorOS versi 7.2 milik Oppo.

5 dari 7 halaman

Baterai

Redmi Note 10 memiliki kapasitas daya lebih besar dibanding Reno4 F. Kapasitas daya Redmi Note 10 adalah 5.000mAh dan Reno4 F adalah 4.000mAh.

Tidak hanya pada kapasitas, perbedaan keduanya juga terletak di teknologi pengisian daya cepat yang disematkan. Di mana, Redmi Note 10 didukung pengisian daya cepat 33W yang diklaim mampu mengisi 50 persen daya dalam 25 menit.

Sementara, Reno4 F dibekali pengisian daya 18W.

6 dari 7 halaman

Kamera

Bicara kemampuan foto, keduanya memiliki konfigurasi yang sama. Redmi Note 10 dan Oppo Reno4 F memiliki empat kamera belakang dengan konfigurasi kamera wide angle 48MP yang didukung teknologi autofokus PDAF.

Kendati begitu, aperture di kamera utama berbeda, di mana bukaan kamera Redmi adalah f1.8 dan Reno4 F f1.7.

Kamera lain yang diboyong adalah ultrawide 8MP baik pada Redmi Note 10 maupun Reno4 F. Perbedaannya adalah sudut kamera Reno4 F 1 derajat lebih luas (yakni 119 derajat), ketimbang Redmi Note 10 (118 derajat).

Dua lensa lain pun serupa, di Redmi Note 10 dan Reno4 F sama-sama tersemat lensa depth dan macro yang memiliki resolusi 2MP dan 2MP dengan aperture sama, f2.4.

Oppo Reno4 F, kamera utama dengan frame kotak (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Keduanya sama-sama berbekal LED flash, HDR, dan fitur pemotretan panorama. Untuk perekaman video pun keduanya sama-sama mendukung perekaman video berkualitas 4K di 30fps dan 1080 piksel baik di 30fps maupun 60fps (pada Redmi Note 10) serta di 120fps (pada Reno4 F).

Namun ada perbedaan di konfigurasi kamera selfie, di mana Remi Note 10 hanya memiliki satu kamera depan dengan resolusi 13MP.

Sementara, Reno4 F memiliki dua kamera depan, yakni 16MP dan 2MP. Keduanya juga dibekali fitur HDR dan dukungan perekaman beresolusi 1080 piksel di 30fps.

Berdasarkan pengalaman, kedua smartphone sama-sama bisa menghasilkan gambar yang apik untuk perangkat kelas menengah.

Tentu pada bagian kamera ini tergantung dari preferensi pengguna karena hasil foto kedua smartphone bisa dibilang sama-sama baik.

7 dari 7 halaman

Kesimpulan

Setelah melihat perbandingan spesifikasi kedua smartphone, bisa dikatakan Redmi Note 10 dan Reno4 F memiliki spesifikasi yang mirip, dari ukuran, jenis, dan dukungan refresh rate layar.

Begitu juga kamera belakang yang memiliki konfigurasi cukup mirip meski terdapat perbedaan minor.

Untuk kamera depan, Reno4 F lebih unggul dengan dua kamera depan untuk mendukung selfie.

Oppo Reno4 F (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Namun dari segi chipset yang menyokong kinerja perangkat, Redmi Note 10 didukung chipset Snapdragon 678 dengan fabrikasi 11nm, sementara Reno4 F masih sama dengan smartphone pendahulu, Redmi 3 Pro, yakni dengan Helio P95 yang diproses dengan fabrikasi 12nm.

Kelebihan Redmi Note 10 dibanding Reno4 F ada pada kapasitas daya dan pengisian daya cepat yang lebih tinggi. Di mana, Redmi Note 10 punya baterai 5.000mAh dengan fast charging 33W sementara Reno4 F dibekali baterai 4.000mAh dengan dukungan fast charging 18W.

Dengan baterai 5.000mAh, tentu Redmi Note 10 bisa bertahan lama ketika digunakan. Namun Reno4 F juga menjanjikan penggunaan daya yang hemat.

Kini bicara harga, dengan spesifikasi yang mirip Redmi Note 10 dibanderol dengan harga Rp 2,4 jutaan. Sementara Reno4 F dijual Rp 4 juta.

Kira-kira, kamu lebih memilih Redmi Note 10 atau Oppo Reno4 F?

(Tin/Isk)