Sukses

Valve Rilis Aplikasi Steam Link untuk macOS

Artinya, pengguna macOS dapat bermain gim streaming yang bisa didapatkan di Mac App Store

Liputan6.com, Jakarta - Valve akhirnya merilis Steam Link bagi versi macOS di Mac App Store. Itu berarti, pengguna dengan sistem besutan Apple itu akan mampu melakukan streaming gim melalui perangkat mereka.

"Aplikasi Steam Link memungkinkan Anda memainkan gim Steam di semua komputer Anda. Cukup pasangkan pengontrol MFI atau Steam ke Mac Anda, sambungkan ke komputer yang menjalankan Steam di jaringan lokal yang sama, dan mulai mainkan game Steam Anda yang ada," kata Valve, seperti dikutip dari Apple Insider, Kamis (25/3/2021).

Rekomendasi Penggunaan

Menurut Valve, aplikasi Steam Link bekerja paling baik melalui jaringan Wi-Fi 5GHz atau Ethernet.

Aplikasi ini memerlukan macOS High Sierra 10.13 atau versi lebih baru, dan komputer host serta perangkat penerima harus berada di jaringan lokal yang sama.

"Data video dan audio dikirim dari komputer Anda ke Steam Link, sementara input pengontrol Anda dikirim kembali secara real-time. Hampir setiap gim yang dijalankan komputer ANDA dapat diputar di perangkat Anda menggunakan Steam Link," kata Valve.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat tolak Setam Link

Apple awalnya menolak aplikasi Steam Link dari App Store pada tahun 2018 karena pedoman pengembang yang melarang gim streaming.

Berselang satu tahun kemudian, ia kembali ke platform ke App Store setelah Valve dan Apple bekerja sama untuk menyelesaikan masalah pedoman.

Secara signifikan Valve pun memperluas kemampuan bagi penggunanya untuk berbagi gim secara gratis melalui Steam.

 

3 dari 3 halaman

Versi Linux

Dikutip dari The Verge, satu perubahan cukup berarti adalah pengenalan versi Linux dari aplikasi Steam.

Langkah ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan streaming gim dari perangkat berbasis Linux dengan aplikasi Steam Link yang dipasangkan di jaringan lokal yang sama.

Versi Linux baru ini berarti pengguna kini dapat melakukan streaming gim dari komputer ke dekoder berbasis Linux yang dihubungkan ke TV, misalnya. Aplikasi ini juga tersedia di Android, iOS, dan Raspberry Pi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini