Sukses

3 Aplikasi untuk Baterai Smartphone Lebih Awet

Berikut tiga aplikasi yang digadang mampu menghemat penggunaan baterai smartphone kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone semakin memperluas kemampuannya dengan daya tahan baterai yang semakin lama dengan waktu pengisian daya yang semakin cepat.

Di samping itu, tidak sedikit yang masih menggunakan aplikasi yang disebut dapat menghemat penggunaan daya baterai smartphone.

Namun, sebagian di antaranya hanya memberhentikan operasi aplikasi latar untuk mengosongkan penggunaan RAM.

Alih-alih menghemat baterai, aplikasi itu justru hanya meningkatkan penggunaan baterai. Pasalnya, sistem Android akan mengaktifkan kembali aplikasi latar yang tentunya memakan daya lebih besar.

Dikutip dari HT Tech, Selasa (22/3/2021), berikut tiga aplikasi yang digadang mampu menghemat penggunaan baterai smartphone kamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Naptime

Tidak seperti aplikasi penghemat baterai lain yang “mengosongkan memori Kamu”, Naptime memanfaatkan fungsi penghemat daya tertidur yang ada di dalam perangkat kamu.

Apa yang dilakukannya adalah menempatkan smartphone ke dalam ‘kondisi diam’ yang diperkenalkan dengan Android 6.0 Marshmallow dan memastikan bahwa ponsel menarik lebih sedikit daya dari baterai saat tidak digunakan.

Alih-alih 30 menit setelah perangkat tidak terganggu, smartphone kamu dapat mulai menghemat baterai secepat 4-5 menit setelah kamu mematikan layar.

Aplikasi buatan Franco Francisco ini telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna di Google Play Store.

 

3 dari 4 halaman

Greenify

Aplikasi buatan Oasis Feng ini secara teknis adalah salah satu aplikasi pembunuh baterai yang kami sebutkan di atas.

Tetapi jika Kamu ingin menggunakan mode penghemat baterai paling efektif dari Greenify, ini juga melibatkan fungsi 'istirahatkan' yang sama seperti Naptime.

Dengan pengaturan untuk mengaktifkan ‘Istirahatkan Agresif’ yang tidak membangunkan perangkat dari mode tidur nyenyak meskipun gerakan terdeteksi.

Selain itu, ada fitur ‘Istirahatkan saat Dalam Perjalanan’ dan telah dilaporkan oleh sebagian besar pengguna sangat efektif dalam menghemat masa pakai baterai saat mereka jauh dari pengisi daya.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store.

 

4 dari 4 halaman

Battery Guru

Aplikasi selanjutnya bagi kamu yang ingin menghemat baterai adalah Battery Guru. Aplikasi dengan nama yang cukup familiar ini pada dasarnya adalah aplikasi pemantauan baterai dan bukan aplikasi penghemat baterai.

Cara kerjanya, wawasan dari aplikasi ini cukup untuk memperpanjang masa pakai baterai kamu dengan jumlah yang cukup besar.

Selain itu, kamu juga dapat menyetel pengingat untuk suhu baterai dan batas pengisian, dua penyebab terbesar penurunan daya baterai.

Seperti Naptime, Battery Guru juga dapat mengalihkan ponsel kamu ke mode 'istirahatkan' lebih cepat.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Paget96 ini telah diunduh oleh 100 ribu pengguna Android.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini