Sukses

Apple Maps Kini Bisa Tunjukkan Lokasi Vaksinasi Covid-19

Apple Maps kini dapat menunjukkan lokasi vaksinasi Covid-19 bagi para pengguna di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengumumkan, Apple Maps telah diperbarui dengan informasi mengenai lokasi vaksinasi dari VaccineFinder. VaccineFinder merupakan sebuah situs yang dijalankan oleh Boston Children Hospital.

Situs ini menyediakan berbagai informasi mengenai kelayakan dan ketersediaan vaksin Covid-19.

Para pengguna bisa mencari lokasi vaksinasi terdekat di Apple Maps atau dengan cara bertanya pada Siri "Di mana saya bisa mendapatkan vaksinasi Covid?".

Saat ini ada 20.000 lokasi yang masuk dalam daftar, jumlah ini akan terus berkembang dalam beberapa minggu ke depan.

Mengutip The Verge, Rabu (17/3/2021), tiap lokasi vaksinasi yang terdaftar di Apple Maps juga akan dilengkapi dengan informasi jam operasional dan informasi kontak masing-masing lokasi.

Selain itu juga akan dilengkapi dengan tautan website untuk mengetahui ketersediaan dan membuat janji temu.

Dengan fitur ini, Apple bergabung dengan sejumlah perusahaan teknologi lain yang menawarkan informasi mengenai ketersediaan vaksin, lokasi, serta membuat janji temu untuk vaksinasi Covid-19.

Sayangnya saat ini informasi-informasi tentang vaksinasi Covid-19 dari Apple Maps baru tersedia di Amerika Serikat dan belum diketahui apakah informasi serupa juga bisa diakses oleh pengguna yang ada di negara lain, termasuk Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Facebook juga Hadirkan Informasi Serupa

Sehari sebelumnya, Facebook mengumumkan pihaknya akan menambahkan informasi dari VaccineFinder ke page Covid Information Center-nya.

Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui kapan dan di mana mereka bisa mendapatkan akses vaksinasi hingga membuat janji temu untuk vaksinasi.

Covid Information Center milik Facebook juga diperluas ke Instagram.

Bahkan, perusahaan tengah bekerja mengembangkan chatbot WhatsApp pemerintah dan otoritas kesehatan untuk membantu orang-orang mendaftarkan diri untuk divaksinasi.

3 dari 3 halaman

Google Beri Informasi tentang Lokasi

Tidak hanya itu, Google juga menawarkan lebih banyak cara untuk mencari informasi tentang vaksinasi.

Google mengumumkan, orang dapat menggunakan Pesan Bisnis di Google Maps dan penelusuran Google untuk menghubungi apotek lokal yang dimiliki perusahaan dengan pertanyaan mengenai kelayakan vaksin, ketersediaan, dan pemesanan janji temu.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini