Sukses

Ini Dompet Digital Paling Banyak Digunakan Orang Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Neurosensum memaparkan hasil riset mereka yang berfokus pada penggunaan dompet digital sebagai medium transaksi digital.

Menurut laporan Neurosensum, ShopeePay menduduki posisi puncak di daftar dompet digital dengan penggunaan terbanyak di kalangan responden. ShopeePay meraup penetrasi pasar tertinggi (68 persen), diikuti oleh OVO (62 persen), DANA (54 persen), GoPay (53 persen), dan LinkAja (23 persen).

Salah satu faktor pendorong penetrasi adalah promosi. Responden menyebut ShopeePay paling banyak menawarkan promosi (42 persen), diikuti oleh OVO (25 persen), GoPay (16 persen), DANA (13 persen), LinkAja (4 persen).

Mahesh Agarwal, Managing Director di Neurosensum Indonesia, meyatakan sebagai perusahaan riset konsumen berbasis Neuroscience dan AI, analisis perusahaan memiliki nilai lebih karena bersifat menyeluruh dan terpadu.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan data bermakna dalam memperdalam studi akan perilaku konsumen," ujar Mahesh.

Data itu, kata dia, akan bermanfaat untuk kemudian dipelajari lebih lanjut oleh pihak terkait. Hal itu diharapkan dapat menambah wawasan dalam menerapkan strategi pemasaran dan bisnis digital.

"Terutama ketika pengguna digital sudah mengungguli perbankan, sehingga dompet digital bukanlah sesuatu yang asing lagi," tutur Mahesh.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

 

2 dari 3 halaman

Temuan lainnya (1)

Kemudian peran pemasaran cerdas dan terpadu, kemudahan bertransaksi digital, dan akselerasi penggunaan dompet digital untuk pembayaran nonfisik juga mendorong ShopeePay menduduki peringkat pertama.

Dalam hal ini, ShopeePay meraih transaksi tertinggi (29 persen), diikuti oleh OVO (25 persen), GoPay (21 persen), DANA (20 persen dari total), dan LinkAja (6 persen).

 

3 dari 3 halaman

Temuan lainnya (2)

Dari segi nilai transaksi belanja offline dan online secara kolektif, ShopeePay juga berada di peringkat teratas (33 persen). Ia mengalahkan OVO (24 persen), GoPay (19 persen), DANA (18 persen), dan LinkAja (6 persen).

Lalu dari aspek frekuensi penggunaan, ShopeePay menjadi pilihan dompet digital dengan frekuensi transaksi tertinggi (14,4 kali per bulan). Ia diikuti oleh dari OVO (13,5 kali per bulan), GoPay (13,1 kali per bulan), DANA (12,2 kali per bulan), dan LinkAja (8,2 kali per bulan).