Sukses

Fitur Director’s View di Galaxy S21 5G Jadi Favorit Kreator Konten

Liputan6.com, Jakarta Samsung Galaxy S21 5G telah dilengkapi dengan fitur Director’s View, yang menyajikan tampilan dari tiga kamera sekaligus.

Dengan begitu, pengguna dapat memilih pengambilan gambar sesuai dengan keperluan, tentunya tanpa jeda atau ganti lensa terlebih dahulu.

Dalam acara Galaxy S21 Series 5G Make Story Telling Epic Workshop yang digelar secara virtual pada Jumat (19/2/2021), videografer konten dan creative director berbagi cerita pengalamannya menggunakan smartphone teranyar Samsung itu.

Seorang Kreator Konten, Muhammad Fenno mengaku fitur Director’s View menjadi favoritnya. Di samping itu, sebetulnya, fitur lainnya yang disematkan dalam Galaxy S21 5G juga menurut dia tak kalah menarik.

Dia menceritakan pengalamannya ketika membuat konten bertajuk Epic Couple Video, sebuah iklan untuk Samsung. Jalan ceritanya tentang sekelompok orang yang bersepeda mulai sejak pagi hari.

Pada saat pengambilan gambar sekelompok pesepeda berjalan bersamaan, tampilan video berganti ke angle yang berbeda dengan momen yang sama. Dalam video tersebut memperlihatkan wide angle hingga close up.

Awalnya, Fenno mengaku proses pembuatan video dengan smartphone adalah tantangan baginya. Karena, biasanya ia menggunakan kamera profesional dalam membuat konten. Namun, dia mengaku sangat terbantu dengan fitur yang disediakan.

"Kamera profesional itu digantikan seluruhnya oleh Galaxy S21 5G," kata Fennodalam acara virtual, Jumat (19/2/2021).

Dia menyebut momen yang ditangkap kamera tidak sebanding, jika dia membawa tiga lensa berbeda, apalagi harus menggantinya terlebih dahulu.

Selain Director’s View, dia juga mengaku nyaman dengan fitur Pro Video. Pasalnya, sebagai orang yang perfeksionis dalam pengambilan konten, dia mengaku bisa menemui semua pengaturan kamera profesional disana.

Senada, sebagai orang yang mengarahkan pengambilan gambar, creative director Taba Sanchabachtiar juga mengaku sangat terbantu dengan Director’s View. Fitur ini disebut terinspirasi dari camera director yang kerap meminta opsi angle dalam sebuah pengambilan video.

 

2 dari 3 halaman

Kompeten di Lowlight

Kemudian kendala lainnya bagi kreator konten adalah pengambilan gambar dengan cahaya minim dan fitur Pro Video dapat menjadi solusi atas kendala itu.

Pengaturan yang tersedia termasuk White Balance, Brightness, ISO, hingga Aperture. Rentang ISO yang dapapt diatur antara 50 sampai 3200 hampir setara dengan kemampuan kamera semiprofesional.

Meski begitu, fitur ini juga dapat diatur otomatis dan sistem akan menyesuaikan dengan keadaan. Tentunya ini memudahkan bagi pengguna awam yang baru ingin memulai.

Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Taufiqul Furqan fitur ini telah dikembangkan dari versi Galaxy sebelumnya.

“Kamera kalau lensanya kurang baik gambar bisa blur atau tidak terang sama sekali,” katanya.

 

3 dari 3 halaman

Nightmode

Selain itu, fitur Nightmode yang tersedia di Galaxy S21 5G dilengkapi dengan kecanggihan Nonabining. Fungsinya, ia akan menggabungkan 9 piksel jadi 1 piksel.

“Jadi kalau di lowlight bisa lebih tajam. Ditambah lagi brightnight, bisa deteksi scene, setelah ambil gambar ada proses AI dikoreksi agar jadi optimal,” kata Furqan.

Selain itu, Galaxy S21 5G juga dilengkapi dengan fitur menarik lainnya seperti Super Steady Shot dan Vlogger View. Masing-masing dapat mereduksi guncangan yang terjadi dalam pengambilan video serta merekam dari empat kamera sekaligus dengan kamera depan.

Ada pula fitur Multi Mic Recording yang bisa dipadukan dengan Galaxy Buds Pro.

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK