Sukses

Keren, Sepatu Lokal Ini Pakai Teknologi QR Code untuk Jamin Keaslian Produk

Liputan6.com, Jakarta - Layaknya brand global kenamaan, merek sepatu lokal Work Life Footwear (WLF) mengumumkan telah mengadopsi teknologi autentikasi produk melalui QR Code pada setiap produknya.

Pengaplikasian teknologi ini bertujuan untuk memberikan kepastian kepada konsumen atas keaslian produk yang dimiliki. Selain itu, terdapat pula kode unik di bawah QR Code yang menjadi pembeda dari setiap pasang sepatu untuk menghindari tertukarnya sepatu.

CEO WLF, Patrick Theodore T, mengungkapkan dirinya menciptakan WLF dengan fundamental yang kira-kira seragam dengan rekan-rekan pemilik brand lokal lainnya, yaitu #banggaproduklokal.

"Tidak puas berkarya di situ, saya kemudian mencoba menciptakan sesuatu yang otentik serta dapat menjadi identitas utama dari brand yang saya ciptakan dan produk yang saya desain," kata Patrick melalui keterangannya, Kamis (18/2/2021).

Dari situ, ia bersama timnya mencoba sebuah sistem yang akrab dengan kehidupan sehari-hari dan dapat diaplikasikan pada produk-produk WLF, yaitu kegunaan smartphone atau perangkat lainnya yang bisa membaca QR code pada produk WLF dan mendeteksi apakah produk tersebut asli atau tidak.

 

2 dari 3 halaman

Ingin Jadi Kebanggaan Industri Sepatu Dalam Negeri

Melalui sistem yang dinamakan WLF #authentificationprogram, ia berharap bisa menjadi acuan produk yang otentik dan jadi kebanggaan bagi ekosistem industri sepatu dalam negeri.

Teknologi yang diterapkan juga memberikan kesempatan kepada para konsumen untuk melakukan pengecekan keaslian produk secara mandiri dengan mudah, serta memberikan kepastian bahwa sepatu yang mereka miliki merupakan sepatu asli WLF.

 

3 dari 3 halaman

Proses Autentikasi

Proses autentikasi dapat dilakukan oleh konsumen dengan cara memindai QR Code yang terletak di bagian lidah sepatu.

Setelah proses pemindaian, konsumen akan diarahkan kepada laman web khusus di mana mereka dapat langsung melakukan registrasi untuk mengaktifkan program autentikasi ini.

Pemindaian QR Code juga akan memberikan keuntungan kepada konsumen berupa promo khusus untuk pembelanjaan produk WLF berikutnya. Ke depannya WLF akan mengembangkan penggunaan teknologi yang ada untuk memberikan pengalaman terbaik untuk para konsumen.

(Isk/Why)

BERANI BERUBAH: “Jangkrik Bos” Raup Jutaan Rupiah