Sukses

6 Aplikasi dengan Peningkatan Trafik Data Terbesar di Jaringan XL Axiata

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata mengumumkan capaian kinerja selama 2020. Salah satunya adalah laba bersih sebesar Rp 679 miliar.

XL juga mengungkap, pendapatan mayoritas berasal dari layanan data. Maklum, penetrasi smartphone XL Axiata sebanyak 89 persen dari keseluruhan pelanggan.

Hal ini didukung dengan jumlah pengguna yang meningkat menjadi 57,89 juta. Karena jumlah pengguna yang meningkat, trafik data sepanjang 2020 pun meningkat 47 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dari 3.320 Petabye menjadi 4.869 Petabyte.

Direktur & Chief Financial Officer XL Axiata Budi Pramantika dalam pemaparannya mengatakan, selama pandemi Covid-19, kegiatan di rumah saja telah mendorong perilaku ke arah digital dengan penggunaan aplikasi digital yang meningkat. 

"Hal ini ini membuat penggunaan aplikasi digital meningkat tajam," tutur Budi, dalam pemaparan kinerja XL Axiata yang digelar secara online, Selasa (16/2/2021).

2 dari 3 halaman

6 Aplikasi dengan Peningkatan Trafik Terbesar

Dari semua aplikasi yang dipakai pengguna XL Axiata, berikut adalah enam aplikasi yang penggunaannya meningkat selama pandemi Covid-19:

1. Zoom - penggunaannya meningkat 628 persen.

2. Netflix - penggunaannya meningkat 88,2 persen

3. Facebook - penggunaannya meningkat 75,3 persen

4. WhatsApp - penggunaannya meningkat 50,4 persen

5. Instagram - penggunaannya meningkat 20,9 persen

6. YouTube - penggunaannya meningkat 15,3 persen.

3 dari 3 halaman

Respon XL Axiata Tanggapi Perubahan Perilaku Pengguna

Perubahan perilaku digital selama pandemi, menurut Budi, membuat XL merespons dengan mendigitalisasi saluran pembelian hingga layanannya.

Antara lain dengan menghadirkan produk myXL Ultimate, Axisnet yang lebih personal, dan kehadiran Live.On sebagai produk digital yang sepenuhnya digital.

XL Axiata juga mendigitalisasi saluran pembataran, salah satunya melalui pembayaran online to offline melalui QR Code dan pembayaran baru di lokasi touch point XL Axiata.

Customer care pun juga lebih terdigitalisasi. Misalnya dengan kehadiran fitur self-service di myXL dan Axisnet, memperkenalkan kios digital di XL Center, serta menghadirkan program transformasi contact center di semua channel.

(Tin/Isk)

BERANI BERUBAH: “Jangkrik Bos” Raup Jutaan Rupiah