Sukses

Samsung Akhirnya Rilis Aplikasi Quick Share untuk Windows 10

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akhirnya merilis aplikasi Quick Share untuk perangkat berbasis Windows 10. Sesuai namanya, fitur ini memudahkan pengguna perangkat Samsung berkirim file.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (15/2/2021), fitur Quick Share sebenarnya sudah diperkenalkan Samsung untuk perangkat mobile-nya. Namun baru sekarang, aplikasi ini meluncur ke sistem operasi Windows 10.

Aplikasi ini akan memanfaatkan fitur Wi-Fi Direct, bluetooth, termasuk perangkat yang mendukung platform SmartThings Samsung untuk melakukan transfer data.

Adapun perangkat Samsung yang dapat memanfaatkan fitur ini minimal harus menjalankan One UI 2.0 atau versi paling baru.

Saat ini, apikasi Quick Share sudah tersedia di Microsoft Store di beberapa wilayah dan ada kemungkinan akan hadir secara bertahap ke seluruh pengguna Windows 10.

Sebagai informasi, Samsung dan Microsoft memang memiliki hubungan yang erat dalam beberapa tahun terakhir. Keduanya acap kali bekerja sama untuk memperkuat layanan yang dimiliki.

Kedua perusahaan ini juga telah mengumumkan kerja sama jangka panjang. Lewat kerja sama ini, keduanya menawarkan pengalaman produktivitas yang mulus antar perangkat, aplikasi, maupun layanan.

2 dari 3 halaman

Microsoft dan Samsung Rilis Aplikasi Xbox Game Pass Khusus di Galaxy Note 20

Sebelumnya, sebagai bagian dari kerja sama dua perusahaan, Microsoft diketahui merilis aplikasi Xbox Game Pass versi khusus ke Samsung Galaxy Store.

Dikutip dari The Verge, Kamis (6/8/2020), gamer dapat menukarkan token dan melakukan in-app purchases, seperti beli skin atau item DLC yang ada di Xbox Store.

Informasi, aplikasi Xbox Game Pass ini sebenarnya sudah tersedia di Google Play Store. Akan tetapi, aplikasi tersebut tidak mendukung kemampuan untuk melakukan in-app purchases.

Dengan kemitraan ini, Microsoft tidak ingin membayar biaya toko aplikasi sebesar 30 persen ke Google.

Sebelumnya, Google dikabarkan sedang melobi Samsung untuk mempromosikan Play Store ke semua perangkat milik perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

3 dari 3 halaman

Kemitraan Samsung dan Microsoft

Kemitraan Microsoft dan Samsung ini sebenarnya sudah diumumkan oleh kedua perusahaan pada 2019. Rencananya, kerja sama ini akan menghubungkan Android dan Windows.

Seri Galaxy Note 20 akan menjadi smartphone pertama yang memanfaatkan integrasi Xbox Game Pass ini, dan dilanjutkan ke seri lainnya beberapa waktu mendatang.

(Dam/Ysl)