Sukses

Instagram Stories Kini Tampil Berbeda di Desktop

Instagram akhirnya menggulirkan perubahan tampilan untuk akses Stories via desktop.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram akhirnya menggulirkan perubahan tampilan untuk Stories di desktop. Perubahan tampilan Instagram Stories ini sebelumnya sempat diketahui pada awal Januari 2021.

Ketika itu, Instagram diketahui tengah menguji coba perubahan tampilan dari Stories yang diakses via desktop. Dan tak perlu waktu lama, tampilan tersebut kini mulai digulirkan ke pengguna.

Dikutip dari The Verge, Kamis (28/1/2021), perubahan tampilan ini tidak berbeda jauh dari bocoran saat uji coba. Jadi, Instagram Stories yang diakses lewat desktop kini dibuat lebih segar, sebab ditampilkan dalam bentuk carousel.

Dengan tampilan ini, pengguna dapat melihat deretan konten yang ada di linimasanya. Tidak hanya konten yang sedang dilihat, tapi pengguna juga melihat konten sebelum dan sesudahnya.

Pengguna juga dipermudah untuk berpindah antar Stories, sebab mereka tinggal mengklik konten yang ingin ditonton. Meski hanya perubahan kecil, tampilan anyar Instagram Stories di desktop harus diakui cukup menarik.

Terlebih, kondisi work from home membuat banyak orang lebih banyak melihat komputer, sehingga tampilan yang dibuat lebih segar jelas nyaman dan membantu pengguna untuk mengakses Instagram Stories.

Instagram memang diketahui tengah meningkatkan kemampuan akses melalui situs web. Sebelumnya, pengguna dimungkinkan untuk membuka Direct Messages (DM) dari versi situs web.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instagram Lite Rilis Lagi, Ukurannya Cuma 2MB

Di sisi lain, Instagram diketahui kembali menghadirkan aplikasi Instagram Lite. Aplikasi Instagram versi ringan ini ukurannya hanya 2MB.

Instagram Lite hadir bagi negara-negara yang jaringan internetnya belum stabil sekaligus untuk para pengguna yang memakai perangkat entry level.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (23/12/2020), Instagram Lite bukan teknologi asing, pasalnya pada awal 2020, Instagram sempat "membunuh" aplikasi Instagram Lite dan kini kembali menghidupkannya.

Instagram saat itu mengatakan, pihaknya tengah memperbarui Instagram Lite ke versi terbaru. Setelah berbulan-bulan perbaikan, Instagram mengumumkan kembali hadirnya Instagram Lite.

Kendati demikian, perlu diketahui Instagram Lite saat ini baru tersedia untuk para pengguna di India.

3 dari 3 halaman

Sejumlah Fitur Tidak Bisa Diakses di Instagram Lite

Sekadar informasi, aplikasi Instagram Lite ini memiliki fungsi seperti Instagram reguler. Pengguna bisa mengakses fitur inti seperti feed dan Instagram Stories.

Sayangnya, para pengguna tidak akan bisa memakai fitur baru Instagram di versi lite ini. Fitur seperti Reel, IGTV, dan stiker berbasis AR yang ada di Stories tidak akan tersedia di Instagram Lite.

Sejauh ini, belum diketahui apakah Instagram berencana membawa Instagram Lite ke negara-negara lain.

Kehadiran Instagram Lite sendiri bukanlah ide yang buruk, bahkan ketika seorang pengguna tinggal di tempat dengan koneksi internet cepat dan stabil. Semoga saja Instagram Lite segera rilis di Indonesia.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini