Sukses

Jaringan Telkomsel Pasca Gempa Bumi Majene dan Mamuju Berangsur Pulih

Jaringan Telkomsel pasca gempa bumi di Kabupaten Majene dan Mamuju Sulbar berangsur pulih.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel berupaya maksimal memulihkan layanan telekomunikasi di Sulawesi Barat pasca gempa bumi melanda Kabupaten Majene dan Memuju. Kini, akses telekomunikasi jaringan Telkomsel di Majene dan Mamuju berangsur pulih. 

VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, untuk mempercepat proses evakuasi dan bantuan penanggulangan bencana, komunikasi jadi hal penting. Terutama untuk mengabarkan keluarga, koordinasi tim evakuasi, dan update informasi terkini.

"Untuk itu Telkomsel terus berupaya mendukung kelancaran komunikasi bagi semua pihak dengan mengoperasikan Mobile Backup Power atau genset ke BTS lokasi terdampak yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik. Telkomsel juga menghadirkan paket khusus darurat gempa agar proses komunikasi berjalan lancar," kata Denny, dikutip dari keterangan Telkomsel, Minggu (17/1/2021).

Denny mengatakan, Telkomsel yang kini memiliki cakupan terluas di Sulawesi Barat terus mengupayakan pemulihan seluruh layanan di lokasi terdampak dengan maksimal.

Saat ini, masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Majene sudah dapat menikmati layanan Telkomsel secara normal. Baik itu layanan data maupun SMS.

Sementara layanan telekomunikasi di sejumlah lokasi Kabupaten Mamuju yang sebelumnya sempat terjadi penurunan layanan karena terhambatnya listrik akibat gempa bumi, kini telah berangsur pulih. Hal ini seiring mobilisasi genset dan pengoperasian tambahan Combat Mobile BTS.

"Kami akan terus melakukan pemulihan jaringan telekomunikasi dan memprioritaskan titik-titik vital seperti kantor pemerintahan, kepolisian, posko pengungsian, rumah sakit, dan posko Basarnas," tutur Denny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paket Khusus untuk Sulbar

Menyoal paket, Telkomsel juga menghadirkan paket khusus bebas akses telepon dan SMS ke semua operator selama 50 menit dan 250 SMS untuk pengguna prabayar serta bebas telepon 100 menit ke sesama Telkomsel. Paket ini memiliki masa aktif 7 hari sejak aktivasi.

Paket ini bisa diaktifkan dengan akses UMB *888*20# pagar atau melalui SMS (ketik SULBAR, untuk pengguna prabayar dan SULBARKH, untuk pengguna pasca bayar) lalu kirim ke 8999.

Untuk paket bebas telepon dan SMS untuk masyarakat terdampak gempa bumi di Kabupaten Majene dan Mamuju, aktivasi dapat dilakukan satu kali selama masa aktif paket berlaku.

Jika masa aktif sudah habis, pelanggan bisa mengaktifkan kembali paket tersebut selama masa program masih berlaku hingga 31 Januari 2021.

3 dari 3 halaman

Salurkan Bantuan Logistik dan Buat Posko

Tidak hanya itu, operator pelat merah ini juga segera menyalurkan bantuan sosial kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian pada korban.

Bantuan yang dimaksud mulai dari makanan siap konsumsi, air mineral, obat-obatan, pakaian layak pakai, handuk, selimut, hingga pembukaan posko darurat selama 7-10 hari ke depan.

Telkomsel juga mengirimkan tim unit siaga bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) bekerja sama dengan BNPB di Kabupaten Majene dan Mamuju untuk membantu mendirikan posko darurat bagi korban bencana.

Paket tersebut berlaku dengan periode aktivasi 16-31 Januari 2021.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini