Sukses

Apple Bersiap Umumkan Penerus iPhone SE

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan sudah mempersiapkan generasi terbaru iPhone SE pada tahun ini. Informasi ini diungkap oleh blog asal Jepang MacOtakara beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (11/1/2021), laporan terbaru ini disebut iPhone SE generasi anyar akan diperkenalkan pada April 2021, setahun setelah pendahulunya diumumkan.

Prediksi ini agak berbeda dari yang diungkapkan oleh analis Ming-Chi Kuo beberapa waktu lalu. Ketika itu, Kuo menyebut iPhone SE 2020 tidak akan diperbarui hingga semester pertama tahun ini.

Meski ada perbedaan prediksi, keputusan Apple untuk memperkenalkan generasi iPhone SE terbaru terbilang masuk akal. Sebab, iPhone SE 2020 nyatanya memang populer di kalangan pengguna.

Selain iPhone SE terbaru, Apple juga disebut akan memperkenalkan AirPods Pro 2. Sayang informasi seputar AirPods Pro generasi terbaru ini memang belum banyak diungkap, tapi disebut ada perubahan desain cukup signifikan.

Hal itu diketahui dari ukuran charging case yang diketahui lebih kecil dari generasi sebelumnya. Karenanya, besar kemungkinan Apple melakukan sejumlah perubahan untuk membuat produk ini memiliki bodi lebih ringkas.

2 dari 3 halaman

Ponsel Layar Lipat iPhone Lolos Uji Kualitas, Siap Rilis pada 2022?

Di sisi lain, sebuah laporan terbaru mengklaim, Foxconn saat ini sedang mengujicoba dua desain smartphone layar lipat iPhone yang berbeda.

Kabar baiknya, kedua desain ponsel baru milik Apple tersebut telah lulus uji kualitas kontrol perakitan.

Menurut Money UDN, Sabtu (2/1/2020), ponsel yang sedang diujicoba ini bukanlah perangkat yang sudah jadi, melainkan masih sebatas cangkang--tanpa hardware di dalamnya--kecuali layar.

Bocoran informasi ini marak beredar di internet, menyusul kabar Foxconn sedang menguji iPhone layar lipat di pabrik Foxconn Shenzhen.

Diyakini, pengujian tersebut dilakukan oleh pabrik untuk mengukur ketahanan mekanisme engsel smartphone layar lipat iPhone itu.

Salah satu desain yang diujicoba kabarnya menyerupai Samsung Galaxy Z Flip, Lenovo Moto RAZR, dan Samsung Galaxy Fold.

3 dari 3 halaman

Rilis pada 2022?

Lebih lanjut, Money UDN berspekulasi Apple akan mengevaluasi lebih lanjut kedua model tersebut dan memilih salah satu model.

Pengujian Apple terhadap desain iPhone layar lipat ini sejalan dengan bocoran selama bertahun-tahun, dan banyak paten soal konsep layar lipat tersebut.

Laporan sebelumnya tentang pengujian Foxconn juga mengklaim, Apple akan merilis iPhone lipat pada September 2022.

Dilaporkan Economic Daily News, Selasa (17/11/2020), Apple telah mengirim iPhone layar lipat untuk sesi uji coba ke mitra perakitan mereka di Tiongkok, yakni Foxconn.

Rencananya, ponsel baru Apple tersebut akan diumumkan dua tahun mendatang atau lebih tepatnya pada September 2022.

Disebutkan, pengujian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan teknologi layar OLED atau Micro-LED.

Tak hanya itu, Apple juga meminta Foxconn untuk menguji coba engsel (bantalan) di ponsel dengan menutup dan membuka layar perangkat lebih dari 100.000 kali.

(Dam/Ysl)

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Manisnya Boba