Sukses

Juara Dunia 7 Kali Gim Tetris Jonas Neubauer Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Jonas Neubauer, juara dunia 7 kali gim Tetris dan streamer Twitch populer telah meninggal di usia 39 tahun.

Mengutip dari akun Twitter-nya via PC Gamer, Senin (11/1/2021), Jonas meninggal pada 5 Januari 2021 karena kondisi medis darurat.

Jonas Neubauer sendiri merupakan sosok penting dalam industri gim, dimana dirinya melegitimasi Tetris ke arena kompetisi gim kompetitif atau lebih dikenal dengan esports.

Dia sendiri mengklaim gelar juara pertama di Classic Tetris World Championship sebanyak tujuh kali, termasuk turnamen pertama gim tersebut pada 2010.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Turnamen Gim Tetris Jonas Neubauer

Tetris. (Doc: Gamerant)

Setelah meraih piala pertamanya, Neubauer berkompetisi kembali menang pada 2011, 2012, dan 2013 sebelum menempati posisi kedua pada tahun 2014.

Dia kembali memenangkan tiga kompetisi Tetris berikutnya pada 2015, 2016, dan 2017, dan menetapkan dua rekor dunia pada 2018 untuk skor tertinggi, dan waktu tercepat hingga 300.000 poin.

Selain bertanding dan asah kemampuannya di berbagai turnamen Tetris, Jonas Neubauer juga menghabiskan waktunya streaming di Twitch dengan nama akun NubbinsGoody.

3 dari 3 halaman

Mengenang 35 Tahun Gim Legendaris Tetris

Turnamen esports Tetris 99. (Doc: The Verge)

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, gim ini diciptakan oleh pengembang software asal Rusia, Alexey Pajitnov.

Tetris sendiri disebut terinspirasi dari gim papan (board game) bernama Pentominos, gim yang dibuat dari balok kayu dengan banyak bentuk. Pemain harus menyusun balok tersebut dan menjadi yang terakhir untuk menjadi pemenang.

Pajitnov sebenarnya tidak sendiri dalam menggarap Tetris. Dia bersama dua temannya, Dmitry Pavlosky dan Vadim Gerasimov, berhasil merancang gim pertama Rusia yang rilis di Barat, tepatnya pada 1986.

Meluasnya gim Tetris juga tidak lepas dari sosok pengusaha asal Belanda bernama Henk Rogers. Setelah berhasil memperoleh paten Tetris untuk konsol gim portabel, dia pun bergerak cepat membawa Tetris versi portabel ke pasaran.

Hasilnya, konsol portabel Game Boy versi Tetris rilis pada 1989 dan terjual sebanyak 35 juta unit sepanjang tahun itu.

Tetris sendiri kini sudah hadir dalam banyak versi. Mulai dari versi Game Boy sebagai pelopor, hingga yang terbaru hadir di PlayStation VR termasuk Nintendo Switch.

(Ysl/Isk)

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer