Sukses

WhatsApp Paksa Pengguna untuk Berbagi Data dengan Facebook

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp memaksa pengguna untuk berbagi data dengan Facebook dalam pembaruan privasi yang baru saja digulirkan. Pemberitahuan tentang pembaruan privasi ini mulai digulirkan lewat in-app alert.

Sejak diakusisi oleh Facebook, privasi pengguna WhatsApp menjadi salah satu topik yang menjadi perhatian banyak pihak, mengingat Facebook merupakan perusahaan penyedia layanan media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia dan menjalankan bisnis dari data pengguna seperti iklan tertarget.

 

WhatsApp Paksa Pengguna untuk Berbagi Data dengan Facebook. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Jika dirunut ke belakang, ini bukan kali pertama WhatsApp melakukan hal serupa. Pada tahun 2016 lalu WhatsApp sempat memberi opsi kepada pengguna untuk memilih tidak berbagi data ke Facebook.

Namun kini, pembaruan privasi teraktual telah memaksa pengguna untuk berbagi data. Jika ia ingin tetap memakai WhatsApp, pengguna harus mengetuk tombol Agree atau Setuju atas pembaruan privasi tersebut.

2 dari 3 halaman

WhatsApp Cabut Dukungan ke Smartphone Lawas

Sebelumnya WhatsApp telah mengumumkan akan menghentikan dukungan di sejumlah smartphone lawas, baik Android maupun iOS mulai 1 Januari 2021.

Dengan kata lain, aplikasi chatting ini tidak akan berfungsi di perangkat-perangkat tersebut.

Adapun keputusan ini diambil mengingat WhatsApp merasa sistem operasi yang ada di perangkat tersebut terlalu ketinggalan zaman. Lantas, perangkat apa saja yang tidak bisa mengakses WhatsApp mulai tahun depan?

Dikutip dari Enterpreneur, Kamis (31/12/2020), versi Android yang tidak lagi mendukung WhatsApp tahun depan adalah Android 4.0.3 atau versi di bawahnya.

Untuk perangkat yang masih menjalankan sistem operasi ini memang terbilang sangat lawas, seperti Samsung Galaxy S2, Motorola Droid Razr, HTC Desire, hingga LG Optimus Black.

3 dari 3 halaman

Perangkat Apple

Sementara untuk perangkat Apple, WhatsApp mengatakan seluruh iPhone yang masih memakai iOS 8 ke bawah tidak lagi bisa memakai layanan mereka. Dalam hal ini, iPhone 4 atau model lebih lawas dipastikan tidak lagi mendukung.

Kendati demikian, sejumlah iPhone lawas lain seperti iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S masih bisa menggunakan WhatsApp asal sudah melakukan pembaruan ke iOS 9.

Untuk diketahui, beberapa model iPhone di atas sebenarnya juga sudah mendukung pembaruan hingga iOS 14. Karena itu, kamu perlu mengecek kembali sistem operasi di perangkatmu agar tetap bisa menggunakan WhatsApp di 2021.

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer