Sukses

Samsung Galaxy S21 Ultra Terkonfirmasi Bakal Hadir dengan S Pen

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy S21 Ultra bakal hadir dengan dukungan S Pen. Pena digital S Pen merupakan fitur khas yang selama ini hanya ada di smartphone Galaxy seri Note.

Kepastian tentang Galaxy S21 Ultra bakal didukung S Pen ini pertama ditemukan Android Authority dalam laporan pengujian smartphone model SMG998B.

Temuan ini memberikan kejelasan mengenai pernyataan dari Presiden Samsung Mobile TM Roh yang mengatakan, Galaxy S21 bakal menghadirkan sejumlah fitur paling disukai dari Galaxy Note.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (26/12/2020), laporan pengujian FCC secara eksplisit menjelaskan bahwa perangkat yang tengah diuji (Galaxy S21 Ultra) dapat mendukung S Pen. Baik dalam mode hover ataupun click.

"Perangkat yang tengah diuji mendukung stylus (S Pen). Perangkat yang diuji bisa beroperasi dengan S Pen dalam dua mode kopling induktif berdasarkan deteksi gerakan S Pen, yaitu Hover dan Click. S Pen beroperasi dalam kisaran 0,53-0.6MHz," demikian bunyi dokumen pengujian dari FCC.

2 dari 3 halaman

Dukungan Wireless Power Transfer

Laporan FCC tersebut juga mengkonfirmasi adanya kemampuan wireless power transfer pada Galaxy S21 Ultra. Fitur ini sudah ada di flagship smartphone Samsung seri sebelumnya, dan bakal bisa dipakai untuk mengisi daya earphone Galaxy Buds Pro. Galaxy S21 juga akan didukung fitur WiFi 6E.

Sebelumnya pada minggu lalu, TM Roh mengatakan, Samsung berencana untuk menghadirkan lebih banyak kemampuan melalui dukungan ultra-wideband (UWB) pada 2021, dengan bantuan dari mitra. Salah satunya menggunakan UWB untuk menemukan objek atau hewan peliharaan.

Hal lain yang juga mungkin bisa dilakukan dengan pemanfaatan UWB adalah membuka pintu otomatis atau mempersonalisasi mobil.

Galaxy S21 sendiri rencananya bakal diluncurkan lebih cepat dibandingkan seri Galaxy S20 lalu. Samsung dikabarkan akan merilis perangkat ini pada 14 Januari 2021.

 

3 dari 3 halaman

Bocoran Spesifikasi Galaxy S21

Jelang tanggal penggumuman tersebut, sejumlah bocoran informasi tentang ketiga seri Galaxy S21 pun semakin ramai muncul di internet.

Salah satunya adalah soal spesifikasi varian paling premium seri penerus Galaxy S20, yaitu Galaxy S21 Ultra.

Dilansir Winfuture Senin (21/12/2020), Galaxy S21 Ultra hadir dengan paduan bodi kaca Corning Gorilla Glass Victus dan metal.

Galaxy S21 Ultra disebut-sebut akan hadir dengan layar Infinity-O-Edge Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci, dan beresolusi WQHD+.

Disebutkan pula Galaxy S21 Ultra ini akan hadir dengan fitur Adaptive Refresh Rate, dimana refresh rate layar ponsel akan berubah secara otomatis dari 1 hingga 120Hz.

Tak hanya itu, panel layar Galaxy S21 Ultra ini juga sudah mendukung stylus S-Pen seperti Galaxy Note.

(Tin/Isk)

 

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Manisnya Boba