Sukses

Indosat Ooredoo Prediksi Trafik Data Naik 20 Persen saat Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo memprediksi layanan data akan meningkat secara signifikan sepanjang perayaan Natal dan Tahun Baru, di mana yang tertinggi ada di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny, mengatakan jaringan Indosat Ooredoo siap melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Sementara lalu lintas data diperkirakan akan naik 15-20 persen, di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Saya yakin bahwa pengembangan jaringan 4G kami yang berkelanjutan, bersama dengan model operasi digital canggih yang kami mulai awal tahun ini di Network Operation Center (NOC) dan Customer Engagement Management (CEM) kami, akan memastikan bahwa pelanggan kami mendapatkan pengalaman digital terbaik selama musim liburan," tuturnya, dikutip Kamis (24/12/2020)

Untuk menangani trafik akhir tahun yang diperkirakan, yang utamanya akan didorong oleh aplikasi berbasis video, Indosat Ooredoo telah meningkatkan kapasitas layanan datanya menjadi 38 PB / hari, yang diharapkan dapat terisi hingga 60% di trafik puncak perayaan.

"Layanan Voice over LTE (VoLTE) kami sekarang tersedia secara nasional, yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan panggilan suara di jaringan 4G kami, dengan kualitas suara yang superior, tanpa mengganggu konektivitas data yang sedang berjalan," Medhat memungkaskan.

 

2 dari 5 halaman

Monitoring dan Uji Jaringan

Untuk memastikan seluruh layanan Indosat Ooredoo dapat melayani masyarakat dan pelanggan dengan baik, maka kegiatan monitoring jaringan akan dilakukan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), sebuah fasilitas monitoring & kontrol jaringan yang terintegrasi untuk seluruh layanan Indosat Ooredoo.

i-NOC juga berperan dalam meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, meningkatkan percepatan resolusi interferensi dan pusat koordinasi (Command Center) untuk seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

Indosat Ooredoo juga melakukan uji jaringan di beberapa kota regional dan tempat umum seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, tempat rekreasi, tempat istirahat dan terminal untuk memastikan pelanggan dapat menikmati pengalaman digital terbaik kami.

3 dari 5 halaman

Daftar Pemenang Indosat Ooredoo Virtual Hackathon

Di sisi lain, Indosat Ooredoo Virtual Hackathon 2020 yang digelar pada awal Oktober lalu telah menghasilkan masing-masing 3 pemenang dari 3 program, yaitu Global Goals Jam, HackData, dan SheHacks.

Ajang ini menjaring total 768 peserta dan pemenang terdiri dari perorangan dan kelompok.

Sebagai bagian dari pilar Pengembangan Komunitas dari Program CSR Indosat Ooredoo, Virtual Hackathon untuk mendorong talenta digital muda Indonesia guna menciptakan solusi inovatif untuk berbagai masalah di Indonesia.

"Kami sangat bangga mengumumkan pemenang Virtual Hackathon 2020 karena kami melihat banyak ide dan solusi yang datang dari peserta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar Director and Chief Strategy & Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta'in dalam keterangan tertulis.

Pengumuman pemenang Virtual Hackathon 2020 diawali dengan talkshow bertajuk "Wirausaha Sosial Indonesia yang Lebih Berdaya Guna" yang mendiskusikan perkembangan wirausaha sosial di Indonesia, adopsi teknologi dalam wirausaha sosial, dan cara efektif untuk mewujudkan wirausaha sosial berkelanjutan.

Daftar pemenang SheHacks

Juara 1 - Muharriana

MamAsisstant: Sistem untuk manajemen bisnis yang mengintegrasikan PaaS (Platform as a Service) dan DaaS (Data as a Service) untuk mendukung AI (Artificial Intelligence)

Juara 2 - Pralampita Kori Mufidah

CERVICO: Aplikasi mobile yang menyediakan layanan deteksi dini kanker serviks lengkap berupa tes IVA dan vaksin HPV serta layanan deteksi dini pap smear.

Juara 3 - Amanogawa

Menjadi Teman Ibu Melewati Baby Blues: aplikasi untuk menjadi teman ibu sesaat setelah melahirkan atau saat mengasuh bayi yang baru lahir (0-6 bulan).

4 dari 5 halaman

Daftar Pemenang HackData

Juara 1 - Covchain

COVCHAIN ??adalah platform berbasis blockchain untuk melindungi rantai pasokan dalam pendistribusian vaksin COVID-19 dan melindunginya agar tidak ditimbun, diberi label ulang, disimpan dalam kondisi yang tidak sesuai, atau diganti dengan vaksin Covid-19 palsu.

Juara 2 - BBLV

ServeU menyediakan menu online yang dapat diakses Kode QR dengan pelayan virtual untuk restoran yang menjawab pertanyaan pelanggan dan menerima pesanan.

Juara 3 - Paimon

EzPad Keyboard multifungsi untuk menyederhanakan bisnis dan meningkatkan efisiensi operasional UKM online

 

5 dari 5 halaman

Daftar Pemenang Global Goals Jam

Juara 1 - Almagot

Maggot in the Box merupakan model tempat sampah modern dengan design khusus yang dapat mengolah sampah organik rumah tangga menjadi produk bernilai tinggi dengan biokonversi Black Soldier Fly.

Juara 2 - Read Me

Edubraille merupakan teknologi untuk penyandang tunanetra (Visually Impaired People-VIP) yang mengintegrasikan perangkat keras (tampilan braille) dan perangkat lunak (aplikasi seluler).

Juara 3 - Batik

DeafAble ELearning Platform for Deaf People, merupakan platform pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang inklusif dan berkeadilan; dan mengurangi ketimpangan pendidikan.

(Isk/Ysl)