Sukses

Pertama dalam 800 Tahun, Jupiter dan Saturnus Sangat Dekat pada 21 Desember 2020

Liputan6.com, Jakarta - Jupiter dan Saturnus akan terlihat sejajar dan sangat dekat pada 21 Desember 2020. Kejadian ini sangat langka, karena kabarnya ini merupakan pertama kalinya Jupiter dan Saturnus berada di posisi sejajar dan sangat dekat dalam 800 tahun terakhir.

Dengan posisi sejajar ini, Jupiter dan Saturnus akan terlihat seperti planet ganda.

Mengutip laman Fox News, Kamis (26/11/2020), kejadian langka ini akan terjadi setelah Matahari terbenam di 21 Desember 2020. Kondisi dekatnya Jupiter dan Saturnus ini, sekaligus menandakan dimulainya titik balik Matahari musim dingin.

"Kesejajaran antara Jupiter dan Saturnus sangatlah langka, kondisi ini bisa terjadi dua puluh tahun sekali atau lebih. Namun, kondisi yang saat ini sangat jarang karena dekatnya, planet akan terlihat satu sama lain," kata astronom Rick University Patrick Hartigan dalam pernyataan.

Ia menambahkan, kondisi ini pernah terjadi sebelum fajar pada 4 Maret 1226 atau sekitar 800 tahun lalu untuk melihat keduanya berada di jarak yang sangat dekat.

2 dari 3 halaman

Tampak Seperti Planet Ganda

Hartingan juga mengatakan, antara 16-25 Desember, Jupiter dan Saturnus akan berpisah kurang dari bulan purnama.

"Pada malam di mana keduanya paling dekat, yakni pada 21 Desember, Jupiter dan Saturnus akan terlihat seperti planet ganda, hanya dipisahkan oleh seperlima diameter bulan purnama," ujar Hartingan, memberikan penjelasan.

Hartingan menambahkan, bagi sebagian besar pecinta astronomi, baik Jupiter maupun Saturnus serta beberapa bulan terbesar akan terlihat dalam bidang pandang yang sama pada 21 Desember 2020.

3 dari 3 halaman

Terjadi Lagi di Tahun 2080 dan 2400

Peristiwa angkasa ini dapat diamati dari mana saja di Bumi, namun Hartingan mencatat, makin jauh ke utara, makin sedikit waktu yang mereka miliki untuk menyaksikannya.

Para pecinta fenomena angkasa bisa bersiap untuk menyaksikan peristiwa langka ini di bulan depan. Pasalnya, kondisi Jupiter dan Saturnus baru akan terlihat dekat lagi pada 15 Maret 2080 dan setelah tahun 2.400.

(Tin/Ysl)