Sukses

Saingi DJI dan Parrot, Sony Kembangkan Drone Bernama Airpeak

Sony sedang bersiap untuk mengembangkan drone bernama Airpeak yang disebut-sebut akan menjadi pesaing perangkat buatan DJI.

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja mengumumkan akan melebarkan sayap bisnis mereka ke pasar drone dengan produk anyar perusahaan, yakni Airpeak.

Walau spesifikasi drone milik Sony tersebut masih belum diketahui, perusahaan asal Jepang itu berencana untuk merilis Airpeak pada musim semi tahun depan.

Dikutip dari keterangan resmi Sony via Engadget, Selasa (10/11/2020), Airpeak dibuat untuk mendukung pengguna berkreasi dan lebih kreatif dalam membuat konten video.

Berdasarkan penjelasan tersebut, ini berarti Sony ingin bersaing langsung dengan pembuat drone lain yang sudah ada di pasaran, seperti DJI, Parrot, dan Skydio.

Sony menyebutkan, drone Airpeak miliknya dikembangkan dengan mengadopsi teknologi robotika berbasis AI (kecerdasan buatan).

Karena teknologi tersebut, perusahaan mengklaim drone baru miliknya dapat digunakan di lokasi-lokasi yang sebelumnya sulit diakses oleh perangkat drone pada umumnya.

Banyak yang meyakini, Sony berencana untuk mengintegrasikan teknologi AI ke dalam sistem drone buatannya tersebut. Dengan kemampuan ini, drone Airpeak akan berfungsi lebih pintar dalam hal mendeteksi rintangan yang ada di depannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggunaan Konsumen atau Perusahaan?

Ilustrasi Drone. Kredit: NeuPaddy via Pixabay.com

Lebih lanjut, belum diketahui secara pasti apakah drone milik Sony ini memang ditujukan agar dipasarkan secara komersil atau untuk penggunaan sebuah perusahaan.

Sebelumnya, Sony sudah memiliki Aerosense--sebuah bisnis drone hasil kolaborasi dengan ZMP--yang secara spesifik dipakai untuk survey, merekam tayangan live, dan membuat peta dari gambar yang direkam oleh kamera pesawat nirawak ini.

3 dari 3 halaman

PS5 Dapat Izin Kemkominfo

PS5. (Doc: PlayStation)

Berita terkait Sony lainnya, PlayStation 5 alias PS5 baru saja mendapatkan sertifikat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Diperolehnya sertifikasi ini menandakan konsol PS5 ini kemungkinan akan segera dirilis di Indonesia.

Sekadar informasi, sertifikasi ini terdaftar di laman e-Sertifikasi milik Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo. 

Ada dua PlayStation 5 yang mendapatkan sertifikasi postel, antara lain adalah PS5 model CFI-1018A dan CFI-1018B yang merupakan versi reguler dan digital.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini