Sukses

Apple Siapkan Mesin Pencari

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan sedang menyiapkan mesin pencari sendiri. Hal ini diketahui dari sejumlah langkah Apple dalam beberapa tahun terakhir.

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (30/10/2020), Apple sudah membuat langkah transisi dari Google. Applebot yang pertama kali dilaporkan pada 2014, telah mulai ada di web sejak saat itu dan diduga telah meningkatkan kecepatannya secara substansial. Applebot disebut menjadi awal dari mesin pencari Apple.

Applebot merupakan web crawler untuk Apple. Produk seperti Siri dan Spotlight Suggestions menggunakan Applebot.

Selain itu, Apple juga berhasil membujuk pimpinan pencarian dan Artificial Intelligence Google, John Giannandrea, yang kini merupakan Senior VP of Machine Learning and AI Strategy Apple.

2 dari 3 halaman

Apple dan Google

Google sampai saat ini membayar kepada Apple antara USD 10 dan USD 12 miliar setahun untuk bisa menjadi penyedia pencarian utama di perangkat Apple. Namun, kesepakatan itu disebut akan segera berakhir dan kasus anti-trust Google dapat mencegah perpanjangannya.

Pembayaran Google tersebut dilaporkan sekira 20 persen dari pendapatan layanan Apple.

3 dari 3 halaman

Bentuk Mesin Pencari Apple

Sejauh ini belum diketahui seperti apa bentuk mesin pencari Apple. Selain itu, konfirmasi dari pihak Apple pun belum ada mengenai kehadiran mesin pencari tersebut.

(Din/Why)