Sukses

Apple Akuisisi Startup AI yang Mampu Kenali Objek di Video

Apple telah mengakuisisi sebuah startup bernama Vilynx awal tahun ini, startup ini bergerak di bidang AI yang mampu mengenali objek di dalam sebuah video.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur di Google Photos adalah dukungan AI untuk membantu pengguna mengidentifikasi orang dan objek di foto.

Fitur ini sangat berguna mengingat banyaknya foto yang diambil dengan kamera smartphone, kadang kita kesulitan mencari foto.

Apple sendiri memiliki fitur serupa, namun tampaknya perusahaan ingin meningkatkan teknologinya di bidang AI.

Menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg, Apple telah mengakuisisi sebuah startup bernama Vilynx awal tahun ini. Dikutip dari Ubergizmo, Rabu (28/10/2020), startup ini bergerak di bidang AI.

Dalam hal ini, startup tersebut melatih AI secara terus menerus untuk mempelajari pemahaman terhadap konten video melalui visual, suara, ataupun teks yang ditampilkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Benarkan Kabar Akuisisi

Startup AI ini telah dipakai untuk membantu membuat tag untuk video, sehingga membuatnya lebih mudah ditelusuri. Apple sendiri telah mengakui akuisisi tersebut melalui sebuah pernyataan.

"Apple membeli perusahaan teknologi berskala kecil dari waktu ke waktu dan kami biasanya tidak membahas tujuan atau rencana kami," kata Apple.

3 dari 3 halaman

Buat Apa?

Dengan pernyataan Apple tersebut, tidak jelas apa yang kini tengah dilakukan Apple dengan akuisisi mereka. Kemungkinan Apple berharap mendukung aplikasi Photos mereka dengan menerapkan AI yang lebih canggih. 

Dengan begitu, pengguna bisa terbantu dalam mengidentifikasi foto dan video, sehingga pencarian berbagai hal bisa dilakukan dengan lebih mudah. 

Akuisisi ini biasanya diterapkan dengan cara lebih halus, sehingga meski Apple akan mengintegrasikan teknologi Vilynx, mungkin konsumen tidak akan menyadarinya.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.