Sukses

Aplikasi Chatting Lokal Hi App Meluncur untuk Pengguna Android dan iOS

Liputan6.com, Jakarta - Hi App aplikasi chatting besutan Hello Kreasi Indonesia akhirnya resmi meluncur. Aplikasi chatting buatan dalam negeri ini kini sudah dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

Menurut Product Specialist Hello Kreasi Indonesia, Fanny Febriani Susilo, Hi App hadir dengan deretan fitur menarik yang dapat dinikmati pengguna, seperti fitur penerjemah, chat organizer, berbagi file, hingga mode gelap.

"Penerjemah merupakan fitur yang membedakan Hi App dengan aplikasi sejenis lain. Kami mengembangkan fitur ini mengingat orang Indonesia sekarang juga berinteraksi dengan orang asing, begitu pula sebaliknya," tuturnya dalam keterangan resmi, Rabu (21/10/2020).

Fitur ini dapat digunakan untuk menerjemahkan pesan yang diterima pengguna dan komunikasi yang terjalin lebih mudah maupun fleksibel. Hanya untuk sekarang fitur ini baru mendukung Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Fitur lain yang juga tersedia di chatting Hi App adalah chat organizer. Lewat fitur ini ruang obrolan pribadi dan grup akan terpisah, berbeda dari aplikasi serupa lainnya yang masih tercampur.

Fanny menuturkan fitur ini disesuaikan dengan karakteristik pengguna Indonesia yang sifatnya cenderung komunal dan gemar berbincang maupun berbagi informasi di grup.

"Jadi, pemisahan ini juga mempermudah pengguna dalam berinteraksi. Misalnya, pengguna ingat pernah bahas topik A di grup, tapi dia lupa di grup mana, maka fitur ini bisa mempercepat pengguna melakukan pencarian, karena ada pemisahan ruang obrolan personal dan grup," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Keamanan Aplikasi Hi App

Aplikasi Hi App juga mendukung pengguna untuk berbagi file, mulai dari dokumen, foto, dan video di ruang obrolan personal maupun grup. Ukuran maksimal dari setiap yang dibagikan mencapai 100MB.

Pengembang juga memastikan keamanan perlindungan data dan privasi pengguna. Hi App dan pihak ketiga tidak dapat membaca obrolan maupun file yang dibagikan oleh pengguna.

Hello Kreasi Indonesia menjamin aplikasi ini menggunakan end-to-end encryption untuk setiap pesan yang dikirimkan. Pesan pengguna juga tidak disimpan di server dalam format biasa, sehingga ruang obrolan pengguna aman karena kunci enkripsi tersimpan di perangkat penerima.

Untuk melindungi akun pengguna, Hi App menerapkan sistem identitas end-to-end yang aman dengan otentikasi nomor telepon lewat fitur verifikasi One Time Password (OTP).

Pengembang menyebut aplikasi Hi App dirancang seringan mungkin, sehingga dapat berjalan lancar, mulai dari perangkat low-end hingga high-end. Karenanya, aplikasi ini dapat dipasang di perangkat yang menjalankan minimal Android 5.1 Lollipop dan iOS 11.

 

3 dari 3 halaman

Strategi Pengembangan Hi App

Managing Director Hello Kreasi Indonesia, Michelle Kusuma menuturkan, ke depannya pengembangan Hi App akan mengutamakan kebutuhan dan budaya masyarakat yang serba dinamis.

Untuk itu, pengembang akan melakukan survei dan wawancara dari berbagai kelompok untuk dapat memahami masalah komunikasi yang banyak dihadapi banyak orang di Indonesia.

"Satu contoh sederhana tapi berdampak adalah responden kami merasa tidak nyaman menggulir obrolan grup di antara daftar panjang obrolan pribadi. Jadi, solusi masalah ini adalah fitur chat organizer untuk memisahkan obrolan personal dan grup," tuturnya.

Lebih lanjut Michelle mengatakan perusahaan juga telah memiliki rencana pengembangan yang ketat untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Selain itu, perusahaan juga memiliki rencana pengembangan bisnis yang komprehensif.

"Aplikasi perpesanan seluler lainnya terus menjadi pesaing kami, tapi kami tidak menganggapnya sebagai ancaman, karena kami yakin bahwa kami memiliki tim yang tepat untuk memberikan produk yang sangat solid," ujarnya menjelaskan.

(Dam/Isk)