Sukses

Sony Ungkap Tampilan Antarmuka PS5

Liputan6.com, Jakarta - Sony akhirnya secara resmi mengungkap tampilan antarmuka PS5 (PlayStation 5). Tampilan itu diungkap melalui video yang diunggah di kanal YouTube PlayStation.

Lewat video ini, Sony memperlihatkan tampilan sejak pertama kali PS5 menyala hingga tampilan menu yang ada di dalamnya. Dilansir dari Game Spot, Jumat (16/10/2020), tampilan ini memang didesain untuk mengoptimalkan kemampuan layar 4K.

Saat pertama kali memulai, pemain akan melihat logo PlayStation yang berkedip dan harus menekan tombol PS di kontroler untuk membuka menu utama. Cara ini sebenarnya mirip dengan tampilan yang ada di PS4.

Secara umum, tampilan menu yang ada di PS5 menyerupai taskbar yang ada di PC. Jadi, pemain dapat mengakses beragam pengaturan, seperti audio, kontroler, hingga notifikasi, tanpa perlu keluar dari gim.

Lalu, ada menu 'activities' yang ditampilkan untuk gim tertentu. Melalui menu ini, pemain dapat langsung masuk ke level tertentu dalam permainan, alih-alih memuatnya dari awal gim.

Tidak hanya itu, fitur Sharing yang ada di PS5 juga mengalami peningkatan, terutama untuk mode Party. Tombol Create yang baru juga memudahkan pemain saat ingin menangkap video atau gambar dalam gim.

2 dari 3 halaman

Sony Pastikan PS5 Bisa Mainkan Semua Gim PS4, Kecuali 10 Judul Ini

Sebelumnya, Sony juga mengungkap judul gim apa yang bisa dimainkan di konsol PS5. 

Beruntung, daftar tersebut hanya menyebutkan 10 judul gim--yang kurang populer di PS4.

Dikutip dari blog PlayStation, Senin (12/10/2020), kesepuluh judul gim itu yang bisa dimainkan di PS5, termasuk DWVR, Afro Samurai 2 Revenge of Kuma Volume One, TT Isle of Man - Ride on the Edge 2, dan Just Deal With It!

Gim lainnya, yaitu Shadow Complex Remastered, Robinson: The Journey, We Sing, Hitman Go: Definitive Edition, Shadwen, dan Joe's Diner juga bisa dimainkan di konsol PS5.

3 dari 3 halaman

Kompatibilitas Gim PS4 di PS5

Tak hanya merilis daftar di atas, perusahaan juga mendetail tentang kompatibilitas konsol PS5 dengan gim-gim yang meluncur di PS4.

“Kami fokus pada daftar judul gim di PlayStation 4,” tulis Wakil Presiden Sony Interactive Entertainment,Hideaki Nishino.

"Kami senang lebih dari 99 persen gim PS4 akan dapat dimainkan di PS5 pada hari pertama."

Alhasil, pemilik PS5 akan dapat menikmati lebih dari 4000 judul gim PS4 di konsol baru Sony saat dirilis pada 12 November.

Jika memiliki PS5 standar, gamer cukup memasukkan disc PS4 ke dalam konsol untuk memutarnya.

Untuk gim PS4 digital, pemain dapat men-download-nya ke konsol melalui akun PlayStation Store.

“Saat masuk atau login ke PS5 dengan akun kamu di PlayStation Network, maka akan secara otomatis melihat library gim dari konten PS4 yang diputar melalui menu,” tambah Nishino.

(Dam/Why)