Sukses

Bagaimana Prediksi Otomatis di Google Search Bekerja?

Liputan6.com, Jakarta - Google Search merupakan salah satu laman di internet yang paling banyak dikunjungi. Dari waktu ke waktu, perusahaan menambahkan fitur untuk meningkatkan hasil penelusuran.

Salah satu fitur yang sudah cukup lama hadir adalah prediksi otomatis, ketika pengguna mengetik kata kunci penelusuran. Bagaimana prediksi otomatis ini bekerja?

Danny Sullivan, Public Liaison for Search mengatakan bahwa prediksi otomatis mencerminkan penelusuran yang sebelumnya telah dilakukan di Google Search.

"Untuk menentukan prediksi apa yang akan ditampilkan, sistem kami memulai dengan melihat kueri umum dan populer yang cocok dengan apa yang seseorang cari di kotak telusur," ujar Danny dikutip dari keterangan perusahaan.

Misalnya, kata Danny, apabila seseorang mengetik "star trek terbaik", fitur ini akan menampilkan prediksi otomatis dari kata kunci tersebut, seperti "seri star trek terbaik" atau "episode star trek terbaik”.

"Seperti itulah cara prediksi otomatis pada tingkat paling dasar bekerja. Namun, ada lebih banyak hal lain yang terlibat di dalam preosesnya," tutur Danny,

Misalnya, perusahaan tidak hanya menampilkan prediksi paling umum secara keseluruhan, tetapi juga mempertimbangkan hal-hal seperti setelan bahasa pengguna yang melakukan penelsuruan atau dari mana mereka penelusuran itu berlangsung. Hal-hal seperti ini akan membuat prediksi jauh lebih relevan.

 

2 dari 3 halaman

Prediksi untuk kueri panjang

Untuk menampilkan prediksi lebih baik untuk kueri panjang, sistem di Google Search dapat beralih secara otomatis dari memprediksi seluruh penelusuran menjadi bagian-bagian dari penelusuran tersebut. Sistem juga melakukan penyegaran secara berkala.

"Jika sistem otomatis mendeteksi adanya peningkatan minat pada suatu topik, sistem mungkin menampilkan prediksi yang sedang menjadi tren, meskipun biasanya bukan prediksi terkait hal paling umum yang kami ketahui," ujar Danny.

Sebagai contoh, penelusuran untuk tim bola basket mungkin lebih umum daripada permainan bola basket individu. Namun, jika tim tersebut baru saja memenangkan pertarungan besar melawan saingannya, prediksi terkait pertandingan yang tepat waktu mungkin lebih berguna bagi mereka yang mencari informasi relevan pada saat itu.

 

3 dari 3 halaman

Hal lain yang berpengaruh ke penelusuran

Ada juga beberapa hal lain yang berpengaruh terhadap hasil penelusuran dan salah satunya adalah topik spesifik yang dicari seseorang.

"Misalnya, seseorang yang menelusuri "perjalanan ke New York" mungkin akan mendapati prediksi "perjalanan ke New York untuk Natal" karena itu adalah waktu yang populer untuk mengunjungi kota it," kata Danny. "Sebaliknya, "perjalanan ke San Francisco" mungkin menampilkan prediksi "perjalanan ke San Francisco dan Yosemite".

Meskipun dua topik tampak serupa atau termasuk ke dalam kategori yang mirip, pengguna tidak akan selalu melihat prediksi yang sama, jika mencoba membandingkannya. Prediksi akan mencerminkan kueri unik dan relevan dengan topik tertentu.