Sukses

Bagaimana Google Search Tampilkan Informasi Reliabel di Hasil Penelusuran?

Liputan6.com, Jakarta - Google Search merupakan salah satu situs web terpopuler di dunia dengan jumlah kunjungan tertinggi. Bisa ditebak bahwa kebanyakan orang mengunjungi Google Search untuk mencari informasi.

Danny Sullivan, Public Liaison for Search menyebut Google Search menangani miliaran kueri penelusuran setiap hari.

Salah satu alasan orang terus mengunjungi Google Search, kata Danny, adalah karena mereka tahu bahwa mereka sering kali dapat menemukan informasi relevan dan reliabel di Google Search.

"Memberikan pengalaman penelusuran berkualitas tinggi adalah inti dari apa yang membuat Google Search sangat membantu. Sejak awal kami memperkenalkan algoritma PageRank, yang memahami kualitas konten web, dan itu adalah hal yang membedakan Google dari mesin penelusuran lainnya," ujar Danny dikutip dari keterangan perusahaan.

Lantas, bagaimana sebetulnya Google Search menampilkan informasi reliabel di layanannya? Danny menuturkan ada ada tiga elemen kunci yang berperan di baliknya.

 

2 dari 2 halaman

3 Elemen Kunci

"Pertama, kami merancang sistem peringkat kami secara mendasar untuk mengidentifikasi informasi yang mungkin berguna dan dapat diandalkan oleh orang-orang," kata Danny.

Selanjutnya untuk melengkapi upaya tersebut, perusahaan juga telah mengembangkan sejumlah fitur Penelusuran yang tidak hanya membantu pengguna memahami semua informasi yang terlihat secara online, tetapi juga memberikan akses langsung ke informasi dari pihak berwenang — seperti organisasi kesehatan atau entitas pemerintah.

"Terakhir, kami memiliki kebijakan tentang apa yang dapat muncul di fitur Penelusuran untuk memastikan bahwa kami menampilkan konten berkualitas tinggi dan bermanfaat," ujar Danny.

Danny menyebut bahwa perusahaan, dengan tiga pendekatan ini, dapat terus meningkatkan Penelusuran dan meningkatkan standar kualitas untuk memberikan pengalaman tepercaya bagi orang-orang di seluruh dunia.