Sukses

Bukalapak Rilis Fitur BukaSend, Solusi Kirim Barang Tanpa Datang ke Agen

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak meresmikan kehadiran layanan BukaSend. Fitur ini adalah agregator kurir pengiriman barang yang dirancang sebagai solusi logistik yang membantu pelaku UMKM di seluruh Indonesia

Dengan fitur BukaSend, pelaku UMKM bisa memilih berbagai jenis kurir dan metode pengiriman dengan harga terjangkau, proses aman, hanya melalui 1 platform saja.

Director of Payment, Fintech, and Virtual Bukalapak , Victor Lesmana, mengatakan logistik kini menjadi faktor penting bagi keberlangsungan dan pengembangan e-commerce dan UMKM di Indonesia.

Vicor mengakui, untuk menjangkau lebih banyak konsumen, diperlukan sistem logistik yang sesuai kebutuhan UMKM. Ia juga sadar dari waktu ke waktu, pelaku UMKM menghadapi tantangan terkait logistik, terutama di masa pandemi.

"Kami berharap adanya BukaSend dapat menjadi solusi bagi pelaku UMKM untuk terus menjaga keberlangsungan bisnis, terutama di tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan ini," kata Victor, dalam acara media briefing tentang BukaSend yang digelar online, Selasa (29/9/2020).

Lebih lanjut, Victor menjelaskan BukaSend sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu. Namun saat itu kehadirannya masih berupa pilot project.

"Tahun lalu memang ada fitur BukaSend, tetapi saat kami luncurkan skalanya masih di tahap awal karena baru dicoba. Saat ini fitur BukaSend sudah mengalami peningkatan baik dari segi antarmuka pengguna, sistem pelacakan, hingga partner logistik yang lebih banyak," tutur Victor.

2 dari 3 halaman

Terus Kembangkan Kemampuan di BukaSend

Bahkan ke depannya, Bukalapak akan meningkatkan BukaSend dengan kehadiran berbagai kemampuan baru, termasuk integrasi langsung dengan bisnis. Dengan begitu pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi atau website untuk bisa memakai fitur BukaSend ini.

Dengan menggunakan BukaSend, pelaku UMKM juga bisa mendapatkan layanan penjemputan barang dan mendapatkan resi otomatis, dengan begitu mereka tak perlu repot menjawab pertanyaan pelanggan mengenai keberadaan barang yang belum sampai.

Victor lebih lanjut menyebut, inisiatif BukaSend dilahirkan sejalan dengan misi Bukalapak untuk membantu masyarakat menciptakan perekonomian yang adil bagi semua orang Indonesia.

"Kami selalu berusaha agar semua layanan dan produk yang dihadirkan bisa menciptakan dampak sosial dan ekonomi yang signifikan," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Barang Bisa Dijemput

Sementara itu, pemilik bisnis fashion dan kuliner Hamidah Rachmayanti sebagai pengguna Bukalapak menyambut baik kehadiran layanan BukaSend ini.

Menurutnya, BukaSend memudahkan pelaku usaha di masa pandemi, terutama terkait dengan pengiriman barang yang lebih mudah karena adanya fitur penjemputan dan live tracking yang bisa dicek sendiri oleh pembeli.

Sekadar informasi, saat ini layanan BukaSend sendiri telah menjangkau seluruh Indonesia dengan berbagai mitra logistik. Berbagai mitra yang tersedia mulai dari SiCepat, J&T, Ninja Express, JNE, hingga LionParcel.

Victor mengatakan, ke depannya Bukalapak juga akan bermitra dengan logistik AnterAja hingga IndahLogistic agar pilihan pengiriman barang bisa lebih variatif dan memenuhi preferensi konsumen. 

(Tin/Ysl)